Relawan Nilai Kualitas Jokowi Jauh di Bawah Soekarno, Soeharto dan Gus Dur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki kualitas jauh di bawah Soekarno, Soeharto dan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan Soekarno, Soeharto dan Gus Dur,” kata Relawan Jokowi, Muhammad Dinaldo dalam pernyataan kepada suaranasional, Ahad (6/12/2020).

Kualitas Jokowi di bawah ketiga pemimpin bangsa itu, kata Dinaldo, mantan Wali Kota Solo tersebut harus menunjukkan performannya menjadi negarawan di ujung kepemimpinannya.

“Di ujung kepemimpinannya ini Jokowi harus mengubah performanya menjadi negarawan. Kalau tidak Jokowi paling hanya sekelas Megawati, paling tinggi sekelas SBY atau di bawah Habibie yang meninggalkan cacat lepasnya Timor Timur,” jelasnya.

Dinaldo menilai Jokowi tertawan oleh para oligarki yang telah membantunya di Pilpres 2019. “Jokowi harus mengakhiri tawanan para oligarki terhadap keluarga dan dirinya,” papar Dinaldo.

Kata Dinaldo, Jokowi dalam mengelola negara mirip perusahaan. “Meskipun Jokowi presiden dua priode tetapi harus sadar dia bukan berlatar belakang aktivis atau politisi kawakan. Jokowi mirip Habibie mengelola negara seperti mengelola perusahaan,” pungkasnya.