Baru Jadi Calon Wali Kota Solo Pengawal Paspampres Ditambah, Gibran Dapat Dukungan Istana

Gibran Rakabuming Raka yang menjadi calon Wali Kota Solo terlihat mendapat dukungan istana dengan penambahan pengawal paspampres.

“Pengawal Paspampres terhadap Gibran berarti istana mendukung putra presiden Jokowi,” kata pengamat politik Muhammad Yunus Hanis kepada suaranasional, Kamis (23/7/2020).

Menurut Yunus, harusnya tidak ada penambahan pengawal Paspampres terhadap Gibran. “Penambahan pengawal Paspampres membuat masyarakat menilai buruk terhadap Gibran,” ungkap Yunus.

Yunus mengatakan, pengawal Paspampres terhadap Gibran sewajarnya saja. “Secara undang-undang keluarga Presiden dikawal Paspampres,” jelas Yunus.

Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres yang mengawal Gibran Rakabuming Raka sebagai anak presiden Jokowi ditambah. Gibran baru saja menjadi calon wali kota atau cawali Solo dari PDI Perjuangan, belum resmi sampai KPUD.

Seluruh keluarga Presiden Jokowi mendapatkan pengamanan yang sama dari paspampres. Sekarang setelah Gibran resmi mengantongi rekomendasi sebagai bakal cawali dari PDIP, pengawalan paspampres untuk Gibran tampak ada peningkatan.

Pengamatan Solopos.com selama mengikuti kegiatan blusukan Gibran Rakabuming di kampung-kampung beberapa bulan terakhir, ada dua personel Paspampres yang melekat mendampingi ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah tersebut.

Setelah mengamankan rekomendasi sebagai cawali Pilkada Solo dari PDIP, tampaknya ada tambahan personel Paspampres pengawal Gibran. Hal itu terlihat ketika Gibran menghadiri rapat konsolidasi partai di Sekretariat DPC PDIP Solo.