PDIP: Tak Ada yang Salah Bu Mega Mempidatokan Isi Pidato Bung Karno Ekasila

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak ada yang salah mempidatokan isi pidato Bung Karno tentang Ekasila.

“Bu Mega sering mempidatokan isi dari Pidato Bung Karno dalam bebeerapa kesempatan, apa salahnya Bu Mega mempidatokan isi pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 itu,” kata politikus PDIP Ahmad Basarah di ILC tvOne, Selasa (16/6/2020).

Kata Ahmad Basarah, pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang menyatakan Pancasila diperas menjadi ekasila merupakan fakta sejarah.

“Fakta Bung Karno menjawab pertanyaan dr Radjiman Wedyodiningrat menyampaikan, ada lima skema, Pancasila, Trisila, Ekasila. Kami menyadari betul narasi Bung karno, namun dalam sidang BPUPKI, Pancasila yang diterima,” jelasnya.

Menurut Ahmad Basarah, Soeharto ketika menjadi Presiden Indonesia telah membentuk tim untuk menyelidiki kelahiran Pancasila.

“Pada 1975, Pak Harto untuk menyelidiki lahirnya Pancasila dan menugaskan pendiri bangsa AA Maramis, Achmad Subardjo, Sunario dan A.G. Pringgodigdo. Kelima tokoh bangsa itu merekomendasikan pidato 1 Juni 1945 Bung Karno diterima, Bung Karno menyampaikan dasar negara. Ini fakta otektik,” jelasnya.