Pemprov Jakarta Siapkan Bingkisan Bansos Idul Fitri




Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta memastikan bantuan sosial (bansos) disalurkan untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di masa pembatasan sosial berskal besar (PSBB) mencegah corona. Bingkisan bansos untuk Lebaran akan diberikan 10 sampai tujuh hari sebelum hari raya.



Pesan itu disampaikan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota Jakarta, Jumat (1/5/2020). Pembagian bansos untuk warga yang membutuhkan jelang Lebaran dibahas bersama jajaran Forkopimda Jakarta sebelum konferensi pers dilaksanakan.





“DKI Jakarta akan memberikan bingkisan bantuan sosial menjelang Lebaran yang nanti proses eksekusinya akan dilakukan sekitar 10 sampai tujuh hari sebelum hari raya,” kata Anies.



Dia mengatakan, bingkisan tersebut dipastikan jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan bansos tahap pertama. Dia mengklaim, pada tahap pertama, bansos yang didistribusikan jumlahnya menjangkau 1,2 juta keluarga di Jakarta.



“Bansos ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat lebih banyak daripada yang pertama. Bansos yang pertama kemarin kita sudah lakukan menjangkau 1.2 juta keluarga,” ucapnya.



Mantan Mendikbud ini pun menyadari, proses pendistribusian bantuan tahap pertama masih banyak yang harus dievaluasi. Dia pun berjanji pihak Pemprov akan memperbaikinya.



“Alhamdulillah sudah terdistribusi dengan baik. Apakah sempurna? Tidak. Ada kekurangan sana sini yang kemusian jadi bahan untuk memperbaiki. Kemarin ada 1,6 persen dari distribusi yang sampai kepada orang yang tidak berhak, lalu dikembalikan, ada juga yang salah alamat,” katanya.



(Inews)