by

Relawan Jokowi Laporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers

Majalah Tempo yang menampilkan cover presiden Jokowi dengan bayangan pria berhidung panjang seperti pinoko akan dilaporkan ke Dewan Pers.

“Mendesak Dewan Pers untuk memanggil penanggung jawab Majalah Tempo untuk menjelaskan apa maksud di balik Cover Majalah Tempo dengan gambar Presiden Jokowi disertai bayangan hidung panjang,” kata Ketua Umum Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer kepada wartawan, Ahad (16/9/2019).

Kata Immanuel, secara simbolis, patut diduga gambar tersebut untuk mempersonifikasikan gambar Presiden Jokowi dengan hidung panjang menyerupai Pinokio.

“Sedangkan, Pinokio sendiri dikenal luas sebagai orang yang suka bohong karena itu diidentikkan dengan hidung panjang,” ujarnya.

Baca juga:  Wartawan Senior: Pernyataan KH Ma'ruf Amin Semakin tak Sopan & Kotor

Menurut Immanuel, menggambarkan Presiden Jokowi meski dengan bayangan hidung panjang yang menyerupai Pinokio sangat tidak patut dan melecehkan Presiden sebagai simbol negara.

“Tempo boleh kritis dan tidak setuju dengan RUU KPK, akan tetapi, mengapa harus memuat cover dengan gambar Presiden Jokowi dengan bayangan hidung panjang?” tanya Immanuel.

menilai bahwa sebetulnya Presiden juga merupakan warga negara biasa dan sebagai kepala pemerintahan, statusnya sejajar dengan Ketua DPR, Ketua MPR, maupun Ketua MK. Namun sebagai kepala negara, presiden adalah simbol negara.

“Presiden sebagai kepala negara itu sebenarnya mempunyai posisi yang harus ditinggikan karena presiden adalah pemimpin yang dihasilkan dari proses demokrasi yang sah dan konstitusional,” tegas Immanuel.

loading...

Loading...

News Feed