Karya Inovasi Minuman & Makanan dari Jagung di Lamongan

Kabupaten Lamongan menjadi daerah yang berpenghasilan jagung melimpah dan membuat beberapa warganya membuat inovasi makanan dan minuman berbahan jagung.

Wirasuhawan asal Lamongan Sri Wahyuni membuat makanan dan minuman berasal dari jagung. “Inovasi ini terkait dengan Lamongan yang saat ini memiliki produktivitas jagung yang cukup tinggi,” jelasnya dikutip dari Times Indonesia.

Ia mengaku, untuk membuat olahan makanan dan minuman berbahan jagung cukup mudah. Yuni-panggilan akrb Wahyuni membeberkan, cara pembuatan susu jagung, dan es krim jagung.

Pertama jagung direbus, kemudian di blander dan diambil patinya,” ucap Pemilik UD Lembah Hijau dari Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan ini.

Pati jagung lantas diblander, diberi santan, dan diberi gula, lalu berikutnya direbus hingga mendidih. “Itu sudah jadi minuman sari jagung,” ujarnya.

Sementara untuk es krim, juga melalui proses yang sama. “Cuma kalau es krim, setelah diblander ada tambahan yang namanya WP cream yang melembutkan, sehingga nanti masuk di freezer bisa lembut,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, tak hanya patinya jagung saja yang bisa diolah menjadi susu jagung, dan es krim jagung saja. “Ampas jagung bisa diolah menjadi krupuk, nugget dan juga bisa diolah menjadi ekstrak sereal,” katanya. (Rinto)