Penasehat Jokowi Diundang ke Israel

Anggota Dewan Pertimbangan (Wantimpres) KH Yahya Cholil Staquf diundang ke Israel untuk menjadi pembicara masalah perdamaian.

Dikutip dari albalad, The Israel Council on Foreign Relations (ICFR), yang mengundang Gus Yahya–panggilan akrab KH Yahya Cholil Staquf.

ICFR merupakan forum independen mempelajari dan membahas isu-isu kebijakan luar negeri, terutama terkait Israel dan bangsa Yahudi. ICFR beroperasi dengan bantuan WJC (Kongres Yahudi Dunia).

Gus Yahya diminta menyampaikan kuliah umum berjudul Shifting Geopolitical Calculus: From Conflict to Cooperation. Acaranya digelar pada Rabu pekan depan pukul enam waktu setempat di the David Amar Worldwide North Africa Jewish Heritage Center, Yerusalem.

Albalad mencoba menghubungi Gus Yahya tetapi sampai tulisan ini diturunkan mantan Jubir Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu belum menjawab.

Undangan bagi Yahya itu muncul di tengah ketegangan hubungan Indonesia-Israel, lantaran kedua negara saling melarang warganya berkunjung.

Israel memang getol mengundang tokoh dan ulama Indonesia. Negara Bintang Daud ini berharap mereka pernah diundang mau menyebarluaskan propaganda Israel tidak sebengis sangkaan kaum muslim di Indonesia.