Heboh, Kuli Panggul Hasilkan Ribuan Dolar dari Aplikasi Android

Henry Jufri
Henry Jufri

Henry Jufri, Seorang buruh panggul di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar saat ini menjadi perbincangan netizen.
Pasalnya selain bekerja sebagai buruh panggul, henry  punya kesibukan sampingan membuat aplikasi game untuk Android.

Yang membuat heboh ternyata penghasilannya membuat aplikasi, Henry bisa mendapatkan penghasilan dalam sebulan sekitar Rp16,3 juta.

Henri yang bertempat tinggal di jalan Sabutung Kecamatan Ujung Tanah, Makassar membuat game untuk Android saat tidak ada pekerjaan memanggul di pelabuhan.

Dengan bermodalkan laptop untuk membuat aplikasi game, satu per satu game yang dibuatnya kemudian diunggah ke dalam Google Play Store.

Aplikasi game buatan Henry ini yang banyak disukai yaitu Baby Chaves Run.  Game ini menceritakan tentang perjalanan seorang bayi mencari makanan secara sendirian.

Ketertarikan Henry membuat aplikasi game ini dari rekannya yang memiliki penghasilan uang yang lebih banyak.
Melihat itu, Henry terus menekuni dan belajar untuk membuat aplikasi game.

Pada bulan Agustus tahun ini, Henry sudah menyeselesaikan 10 aplikasi game yang bertema pendidikan anak-anak dan kabarnya ia dibayar oleh Google sebesar US$1.175.

US$1.175  jika dikonversikan ke nominal rupiah, sang buruh panggul ini mendapat uang sebesar Rp16,3 juta.

Alhasil penghasilan dari membuat game itu jauh lebih besar dibanding upahnya sebagai pekerja panggul barang penumpang kapal laut.

Yang sungguh menakjubkan ialah, untuk membuat satu aplikasi game, Henri mengaku hanya butuh waktu sehari, sedangkan untuk aplikasi game yang rumit dan sulit dikerjakan selama seminggu

Meskipun  penghasilan uang dolar yang lebih besar dibanding upahnya sebagai buruh panggul, Henri mengatakan akan tetap menjalankan profesinya sebagai buruh panggul di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.