Singgung Jokowi, Pembaca Doa Penutup Sidang Tahunan Diinterogasi Polisi?

KH Khoirul Muna (IST)
KH Khoirul Muna (IST)

KH Khoirul Muna yang membacakan doa penutup di Sidang Tahunan MPR kabar yang beredar dimintai keterangan oleh aparat kepolisian.

KH Khoirul Muna dinilai menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena doa penutupnya menagih janji para pemimpin.

“Bebaskan kami dari berita bohong, janji-janji palsu, dan harapan-harapan kosong, karena sesungguhnya tidaklah elok, mereka memanipulasi dan menipu rakyat yang menderita, sengsara dan hampir berputus asa.

“Sudah lama rakyat kami bersabar, meskipun mereka miskin harta, tapi kaya jiwa. Sehingga mampu memaafkan yang menyengsarakan mereka,” lanjut Khoirul lagi.

Baca juga:  Prestasi Jokowi di Masa 6 Bulan Bekerja sebagai Presiden

Namun ketika Khoirul sedang berdoa, para pejabat negara maupun anggota dewan justru terlihat tersenyum dan tertawa geli, termasuk Ketua MPR Zulkifli Hasan.


57 comments

  1. KH Khoirul Muna berdoa atas pesanan PKS Piyungan dan para bajingan DPR yg gagal menodong jokowi duit 20Millyard!

    1. Di depan nama ente ada nama Mohammad disana, ada doa yg baik yg sesuai sama keadaan yg dirasakan oleh masyarakat menengah ke bawah hampir di seluruh Indonesia, knapa ente tdk bantu dgn mengaminkan saja doa ini, agar Allah mengabulkannya…sesuai dgn keislaman ente, ente ga kasian sama masyarakat kaum buruh yg bakalan kesulitan cari pekerjaan? Ga kasian sama rakyat yg ga bisa makan daging dan ayam, karena harga melonjak tajam? Drpd mikirin doa itu menyindir ato tdk, udah deh diaminin aja…jgn tutup diri ente sama pengkultusan seseorg, Rasulullah melarang itu dan presiden itu berkuasa hanya 5 thn, jgn lupa itu.

      1. Itu bukan mohammad tapi mohammet kakau dilihat dari ejaannya bukan orang muslim
        jangan terpancing

    2. hahaha….nama loe gak sesuai kelakuan loe. orangtua loe bakal nyesel ngasih nama itu..

    3. Bodoh nian nh orang…
      KH Khoirul Muna itu Politisi Nasdem.
      Tolol!!
      hehehe

    4. Kaya ga tau aja temen2… Mohammet Jaelany itu AKUN PALSU, pasti itu BAYARANNYA ORANG2 YG PUNYA KEPENTINGAN DGN JOKOWI, CUKONG2 CINA yg ikut menyukseskan jokowi jadi presiden selama kampanye dulu sampe sekarang, agar jokowi tak diturunkan.

      Biasanya itu ejaan non-muslim yg berusaha mengelabuhi dgn komentar2 di artikel ini dgn AKUN PALSU, TERMASUK PADA RIBUAN ARTIKEL2 LAIN SELAMA INI YG MENGKRITIK JOKOWI.

      MAKA RIBUAN AKUN PALSU INI DISEBAR KE DUNIA MAYA UTK BERTUGAS MENGGEMBOSI KRITIKAN2 YG DITUJUKAN KE JOKOWI, DGN CARA MEMBERI KOMENTAR2 BERNADA HASUTAN2, PROPAGANDA2 DAN FITNAH2.

      JELAS KAN TEMEN2… ??? SKARANG LIHAT MOHAMMET GEBLEK MUKANYA MERAH ! KETAHUAN DIA YG SUKA MEMFITNAH SEPERTI KOMENTAR DI ARTIKEL INI !

      Yg pasti, real di lapangan, setelah joko jadi presiden, kehidupan rakyat makin SENGSARA !!!

      1. Sar…mungkin hidup ente yg berada di ujung kesengsaraan…bukti nyata kami tambah sukses semenjak pak jokowi di lantik jdi presiden.project bertambah banyak.otomatis lapangan kerja bertambah.klo ente ngak puas di demo aja pak jokowi trs diturunkan klo bisa…ajak itu panasbung dan barisan sakit hati.kekekekek…sakitnya tu di♥

      2. Kita sebagai warga negara NKRI yg baik wajib menghormati siapapun yg menjadi presiden kita. Karena dengan adanya presiden roda pemerintahan indonesia bisa berjalan dengan semestinya. Ingat para saudara sebangsa setanah air. Tanpa adanya wilayah. Rakyat. presiden dan Pemerintahan yg adil dan berdaulat, para pejuang bangsa Indonesia (para pahlawan yg mempunyai jiwa nasionalisme dan patriotisme) terdahulu tidak bisa mewujudkan kemerdekaan yg seutuhnya. Tetapi dengan terlengkapinya unsur konstitutif maka Bangsa Indonesia mencapai tujuan yg di inginkannya yaitu memperoleh KEMERDEKAAN seutuhnya yg menjadi satu kesatuan NKRI (NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA) yg MERDEKA. Marilah kt bersama2 menjunjung tinggi PANCASILA. Jngnlh ada pertikaiaan di antara kt lg. Mari kt gotong royong untuk memajukan Negara kt tercinta ini dan jngn saling menyalhkn antara satu sama lain, mari kt boleh berdemokrasi dengan bebas. Asal dlm kita menyampaikan saran dan kritik kt jg harus dengan bahasa yg baik dan sopan. Dan jg kt wajib memberikan solusi/jalan penyelesaiaan masalah. Bisa mengoreksi pasti tau jawaban yg benar. Bisa mengkritik/memberikan saran. Pasti jg tau solusi pemecahan masalahnya. Kalau bangsa ini bersatu tanpa kt memikirkan ego masing-masing saya yakin Negara kiita akan menjadi Negara maju no 1 di Dunia. Amin . Salam hormat saya saudara2 sebangsa Indonesia.

      3. mbak saronah apa iya tuh alenia ke 2 & 3 nya baru tau ane, ketipu donk kita selama ini walah walah walaaaaah

  2. kritik wajar asal jangan menghina, pasal perdata mana yg akan memvonisnya..? semakin aneh tindakan polisi setelah moge jg di persalahkan… haaddeueuhhh…’

  3. coba dari ..10 thn yg llu..pk jokwi menjbt…kaya nya..NKRI..ini
    akn makmur…dan mengubur hifup2 pra koruptot…..
    yaaaa…akibat ulah soeharto dn sby…pak jokowi kena lmbas..nya….tapiii..
    sy percaya,,,insya allah pak jkowi akn berhasl…dlm memimpin NKRI ini….

    1. hahahaaa dasar kecebong hobinya lempar batu, kasian punya presiden kok gak bisa apa2.

      1. itu mah ga ada apa apanya mereka itu, mungpung ada kesempatan untuk menjatuhkan jokowi jadi, bernai mendoakan demiakina tapi al hasil program 7 mega proyek di batalkan hahahahahaha. karena mega proyek tersebut menghianati rakyat yang sedang kesusahan 🙂

  4. Orang ini manusia tidak tau diri ,Agama apa yang dia pegang tidak menghormati pemimpinnya ?

    1. tergantung pemmpinnya,,

      kalau baik, di ikuti, kalau jelek di ingatkan,, itulah fungsi dari masyarakat,,

      masyarakat yang bodoh adalah, melihat pemimpin baik di hujat, melihat pemimpin jelek di puja

    2. agama anda apa?
      dalam islam wajib hukumnya patuh terhadap pemimpin. seperti halnya seorang istri yg wajib patuh terhadap suaminya sehingga ada ketentuan bahwa “surga seorang istri terletak pada suaminya”
      namun dr semua itu ada pengecualian yg membolehkan kita untuk tidak patuh/hormat bahkan sama2 wajib hukumnya antara harus dan tidak harus.

      jadi intinya, pemimpin seperti apa dulu yg harus kita patuh dan hormat terhadapnya.

    3. kok jadi yang mendoakan yg tak tau diri?
      mestinya yg di doakan donk yg tau diri

  5. Do;a sudah diucapkan,,dan diamini lebih 41 orang,,terlepas apapun itu akan terkabul..tunggu saja apa yang terjadi di negeri ini Allahuallam,,sebenarnya harus ada yang edit dari kesekjenan DPR RI,,tp sudahlah kita tunggu aja…

  6. Lihat lah isi konten doanya, semua permohonan yang baik kok, kalau ada yang tersinggung ya karena dia sering bohong, janji-janji palsu, dan harapan-harapan kosong, jadi ngerasa yang dimaksud doa itu dirinya heuheu, padahal di sebuah negara demokrasi pemimpin itu bukan hanya presiden (eksekutif), ada legislatif dan yudikatif, semuanya pemimpin karena di sebuah negara demokrasi kekuasaan dibagi-bagi biar gak jadi rezim otoriter. hahaha

  7. Ternyata komentatornya disin rata-rata cebong, account bayaran, dan account palsu (yang biasanya sih tikow huana) wong apa yang disebutkan dalam doa tersebut benar koq, pemimpin yang ingkar janji coba kita check :

    1. Janji TIDAK BAGI-BAGI KURSI parlemen = buktinya ? tuh si puan di reshuffle aja kagak
    2. Janji TIDAK MENAIKKAN HARGA BBM ketika kampanye dihadapan tukang ojek = Bullshit
    3. Janji MEMBUKA 10 JUTA lowongan pekerjaan = ya… “ditepati” tapi yang dapat kerja malah imigran China.

    1. Yg jls ente gerombolan sakit hati toh..
      hahaha
      Banyak bacot tpi ttp frustasi..

    2. lo paling bohongan akun lo aja palsu, heheheheheh barisan sakit ati huahahahahhahaha.

    3. mantaf @indraemc:disqus kl ane udah jd katak bukan cebong lagi, ntar lg kita dijanjiin msk surga kyknya nih, hehehe

  8. kalau merasa tersinggung berarti ya benar itu yang dilakukan selama ini……………… kalau nggak melakukan kenapa harus tersinggung ?????………………..

  9. kalimat do’a nya biasa2 aja..
    yg sensitif dan merasa tersinggung terhadap kalimat do’a ini ya hanya orang/orang-orang yg merasa seperti yg di maksud aja..
    simple kan?

  10. jika tersinggung berarti kan “merasa”

    Setiap doa malam saya selalu menyempatkan untuk mendoakan para pemimpin, supaya sehat dan bisa amanah.
    Sehabis dengar berita ini, jadi males lagi buat mendoakan beliau2.

    Pada kasus ini doa yg dibacakan di depan publik dan juga langsung didengar oleh pemimpin2 negeri ini. JIkapun ada pihak2 yg tersinggung ya……
    “ah sudah lah ini kan Indonesia”

  11. Aamiin…
    Tapi kok diintrogasi Polisi? Siapa yang minta? Siapa yang tersinggung? Emang ada yang salah ya dari Doa tersebut? Nggak kan? Intinya Doa tersebut kan untuk kemajuan Indonesia… kenapa diintrogasi ? Di Doa kan yang baik, kok malah di Introgasi sama Polisi? Jangan jangan saya meng-Aamiin kan juga bakal di introgasi… Ampun Pak…. 🙂

    1. baca om “kabar yang beredar dimintai keterangan oleh aparat kepolisian.” si wartawannya sendiri dapet kabar burung

  12. Amin…..doa yg tepat,eh dianggep salah ama polisi…pusing aq jadi rakyat.!

  13. TERUNTUK ADMIN…
    JIKA MEMBUAT JUDUL BERITA ITU HARUS RELEVAN DONK. NGAK USAH PAKAI FITNAH. UDAH GITU ISI BERITA TIDAK JELAS, DAN ANTARA JUDUL DAN ISI BERITA ADALAH BERSIFAT PENGHASUTAN.

    HARUSNYA ANDA SEBAGAI PEMBUAT BERITA LEBIH PAHAM TENTANG ETIKA KERJA ANDA. SEBUTKAN DI DALAM BERITA ANDA, SIAPA POLISI YANG MENGINTROGASI ATAS DO’A YANG DI BACAKAN BELIAU.???
    KAPAN DAN DIMANA BELIAU DI INTROGASI.???

    TOLONG DIBALAS KOMENTAR SAYA ADMIN.

    1. Memang beritanya dibuat sensional mas Bahar …Tp ada kaidah dalam standar jurnalisme, kalau ada tanda tanya di belakang sebuah pernyataan atau judul, itu artinya beritanya masih perlu investigasi, dng kata lain, redaksi menanyakan ” Apakah benar berita ini …” Jadi Anda gak perlu sewot …

      1. Mas Beni. untuk orang Indonesia yang berintelektual tinggi, mereka akan mengerti dan bisa membedakan berita benar dan berita salah (Bohong). namun pada kenyataan, orang” yang berkomentar adalah dari golongan orang yang menyerap berita secara instan. maka disana akan terjadi Fitnah dan penghasutan yang berujung perpecahan. dalam standart Jurnalisme, bukankah hal tersebut dilarang.???
        saya tidak mengerti SOP (Standart Operational Prosedur) Media yang menerbitkan. apakah sudah melewati serangkaian kajian oleh pihak Direksi apa tidak.?
        ataukah media ini diciptakan hanya untuk menjadikan perpecahan ditubuh Indonesia itu sendiri…..
        Coba Anda tela’ah dan renungkan mas Beni dampak dari Judul tersebut….
        menurut anda dengan komentar-komentar yang bersifat cacian dan makian demikian baik untuk NKRI.???

  14. diluar semua perselisihan tentang doa tersebut, secara umum doa tersebut benar dan wajar2 saja..memang berdoa seperti itu baik kan?

    “Bebaskan kami dari berita bohong, janji-janji palsu, dan
    harapan-harapan kosong, karena sesungguhnya tidaklah elok, mereka
    memanipulasi dan menipu rakyat yang menderita, sengsara dan hampir
    berputus asa.
    “Sudah lama rakyat kami bersabar, meskipun mereka miskin
    harta, tapi kaya jiwa. Sehingga mampu memaafkan yang menyengsarakan
    mereka,”
    klu yang marah mungkin tersinggung karena benar, kalau katanya doa titipan?? lha isi doanya bagus kok…Aneh…

  15. tidak ada yang keliru dengan doa tersebut sebab mayoritas yang memiliki akal sehat pasti menginginkan hal seperti itu.. kecuali akal sehatnya sudah tak berfungsi….

  16. Kalo berada di gedung MPR & DPR, sama saja berada di sarang maling

  17. Kita hargai harapan dan doa itu dg bijak. Jangan ada yg tersinggung dg harapan dan doa rakyat lewat DPR. Masak doa dianggap menyinggung presiden…?

  18. para pemimpin : kyknya bukan presiden doank dah…
    Ketua MPR Zulkifli Hasan jg pemimpin MPR, ada jg pemimpin DPR, wakil rakyat jg pemimpin dari suara rakyat…
    hhahhaa,..

  19. Iya memang, sungguh benar isi doanya itu. Kalau ada yg salah, dimana salahnya ?

  20. Apa pun yg mendasari doa ini cuma yang memanjatkan doa yang tau isi hati nya dan Tuhan yg menilai.
    Tapi sebagai rakyat kecil saya juga mendoakan hal yang sama.
    Karena kebetulan sebagai rakyat kecil yabg pernah memilih Jokowi saya salah satu yang menyesal sudah memilih Jokowi.
    Usaha kecil saya dan kebanyakan rekan usaha micro juga merasakan dampak melemah nya daya beli masyarakat.
    Mungkin karena kami hanya pengusaha micro yang ga punya backing sana sini untuk memajukan usaha kami.
    Dan sayang nya usaha kami legal dan halal sehingga keuntungan kami mmg kecil dan tidak perlu bancking2an atau sogok kkn.
    Menariknya fakta di lapangan usaha kecil seperti kami pun harus membayar pajak tak resmi kepada para polisi skala mingguan atau bualan.
    Ini fakta di tengah usaha kecil rakyat miskin.
    Kalau anda tidak percaya, coba lakukan survey kepada warung kecil,pedagang rokok,atau pedagang makanan.adakah polisi minta jatah preman?
    Anda boleh cek daerah Sukajadi Sederhana Bandung.
    Kebanyakan yang pedagang kecil wajib memberi setoran polisi disana.
    Silahkan survey.
    Dan itu belum mencakup daerah lain yg jadi sasaran empuk premanisme polisi.

Comments are closed.