8 Durian Lezat ini Khas Indonesia

[nextpage title=”satu” ]

Durian atau Duren adalah Tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya yang menusuk hidung.

Inilah Durian-durian yang ada di Indonesia

1. Durian Petruk

Durian Petruk - agropustaka.com
Durian Petruk – agropustaka.com

Durian Petruk merupakan varietas unggul nasional yang terus diteliti untuk dikembangkan. Nama durian Petruk diambil dari nama penemu durian jenis ini yaitu pak Petruk asal Jepara. Durian ini dikabarkan sebagai durian terlezat sedunia. jika kamu penasaran mau mencicipi durian Petruk? Datang saja langsung ke Jepara.

2. Durian Merah

Durian Merah - twotik.wordpress.com
Durian Merah – twotik.wordpress.com

Durian merah merupakan varietas unggul asal Banguwangi. Jika kebanyakan daging durian berwarna kuning atau putih, durian jenis ini dagingnya berwarna merah. Kamu penasaran dengan durian merah ini? Yuk datang ke Banyuwangi saat musim durian.

3. Durian Bawor

Durian Bawor - kiswantosp.wordpress.com
Durian Bawor – kiswantosp.wordpress.com

Durian bawor merupakan durian monthongnya Banyumas. Buahnya yang besar, dagingnya yang tebal dan berwarna kuning ini sangat menggiurkan siapa saja yang melihatnya. Durian jenis ini memiliki rasa yang khas banget durian lokal, yaitu manis dan ada sensasi sedikit pahit.

Baca juga:  Kuliner¬†Bakso Beranak di Bogor Bikin Netizen Ngiler

4. Durian Tembaga

Durian Tembaga - metaloverose.blogspot.com
Durian Tembaga – metaloverose.blogspot.com

Durian tembaga memiliki karakteristik yang sangat menarik. Secara umum tidak jauh berbeda dengan durian jenis lainnya. Namun yang menarik dari durian tembaga yaitu dagingnya yang tebal, bijinya kecil dan warnanya kuning pekat seperti tembaga. Durian asal Riau ini sulit masuk ke pasar di pulau Jawa karena kalah pamor dengan durian jenis lain terutama hasil impor. Namun soal rasa dan harga sangat menggiurkan. Dengan berat buah sekitar 2 hingga 3,5 kg, durian tembaga bisa dijual antara Rp 20.000 hingga Rp 100.000 per butirnya. Sangat murah bukan?

[/nextpage]

[nextpage title=”dua” ]

5. Durian Menoreh

Durian Menoreh - www.lembahpinus.com
Durian Menoreh – www.lembahpinus.com

Durian menoreh merupakan durian yang antimainstream. Baunya yang menyengat hidung berbanding terbalik dengan rasanya yang jauh dari kata manis. Ya durian ini rasanya pahit nan legit dan berwarna kuning cerah seperti mentega. Untuk kamu yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, kurang sempurna rasanya jika tidak ke Kulon Progo untuk menyicipi durian legit ini.

6. Durian Tanpa Sekat dan Durian Tanpa Duri

Durian Tanpa Sekat - warungbibitbwi.blogspot.com
Durian Tanpa Sekat – warungbibitbwi.blogspot.com
Durian Tanpa Duri - perutgendut.com
Durian Tanpa Duri – perutgendut.com

Lombok yang merupakan gudangnya objek wisata ternyata menyimpan jenis durian yang tak lazim. Ada 2 jenis durian unik tumbuh di Pulau Seribu Masjid (julukan pulau Lombok) ini yaitu durian tanpa duri dan durian tanpa sekat. Durian tanpa sekat memang terlihat seperti durian kebanyakan, namun ketika dibelah, durian jenis ini tidak memiliki sekat. Untuk durian tanpa duri, ini sangat terlihat aneh. Hilang ciri khas dari buah durian. Namun ketika dibelah, wangi harum buah durian menyeruak ke hidung dan rasanya tetap manis dan enak.

Baca juga:  Mudik Lewat Yogyakarta, Yuk Mampir di Tongseng Bebek Tanpa Micin

7.  Durian Lay

Durian Lay - reyborneo79.blogspot.com
Durian Lay – reyborneo79.blogspot.com

Durian Lay yang merupakan buah sejenis durian ini dikenal dengan beberapa nama lain, seperti durian tinggang, durian kuning, durian pulu, ruas, nyekak, sekawi, pekawai dan lain-lain. Nama ilmiahnya yaitu Durio kutejensis (berasal dari Kutei). Habitat asli durian lay adalah hutan lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan bagian tengah. Buah ini ditanam di pelbagai wilayah Kalimantan dan diperkenalkan ke Queensland, Australia.

8. Durian Matahari

Durian Matahari - perutgendut.com
Durian Matahari – perutgendut.com

Durian jenis ini dinamakan durian matahari karena warna dagingnya kuning cerah seperti matahari. Durian yang memiliki daging tebal dan berserat halus ini bisa kamu dapatkan di daerah Cimanggu, Bogor.

[/nextpage]