Ini Manfaat Kuaci

Makan kuaci harus dilakukan dengan sabar. Bagaimana tidak, usaha untuk mengupas kulitnya saja kadang bikin kesal, eh, setelah berhasil dikupas, isinya kecil dan langsung habis dalam sekali kunyah.

Namun ternyata dibalik usaha penuh kesabaran itu ada manfaat tersendiri yang bisa Anda peroleh dari biji kecil kuaci tersebut. Terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada tiap biji kuaci, yang meenruut ahli diet Alissa Rumsey, akan menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Selain zat tersebut, ada pula beberapa nutrisi lain yang memberikan pada Anda manfaat bagi kesehatan. Ini penjelasannya seperti dilansir laman Time:

Baca juga:  Kuliner Bakso Beranak di Bogor Bikin Netizen Ngiler

Serat dan protein

Terdapat serat yang jumlahnya per satu porsi kuaci adalah sekira 2,5 gram, dan protein sebanyak 6 gram.

Vitamin E

Vitamin ini baik untuk fungsi anti-inflamasi atau anti peradangan, manfaatnya untuk kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung.

Folat

Zat ini bagi ibu hamil baik untuk pertumbuhan otak janin. Folat juga dibutuhkan untuk sintesis DNA.

Fosfor dan Mangan

Untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, fosfor dan mangan sangat dibutuhkan. Mangan khususnya akan membantu produksi sel tulang.

Selenium

Ini adalah zat antioksidan yang bertugas menjaga kesehatan sel, dan mencegah kerusakannya.

Baca juga:  Uniknya Kuliner Ikan Mujair Asap Sidoarjo

Tembaga dan seng

Kesehatan jantung butuh pula mineral tembaga dalam jumlah signifikan. Untuk sistem kekebalan tubuh juga dibutuhkan zat ini ditambah juga mineral seng.

Vitamin B6

Dalam fungsi kognitif atau proses berpikir, vitamin B6 memegang peranan penting.

Jadi tak sia-sia untuk ngemil kuaci, karena manfaatnya banyak dan juga melatih kesabaran.