Polisi Kuasai KPK

Dominasi kepolisian di posisi kunci Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin terasa. Di pucuk pimpinan, ada Komisaris Jenderal Pol Firli Bahuri. Sebelum menjadi Ketua KPK, perwira bintang tiga ini merupakan Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Kehadiran polisi juga terasa di sektor penindakan KPK. Belum lama ini, Firli melantik mantan Wakil Kepala Polda DI Yogyakarta Brigjen Polisi Karyoto. Dalam waktu dekat, bintang Karyoto bertambah, menjadi Inspektur Jenderal.

Di pos Direktur Penyelidikan KPK, berada di bawah Deputi Penindakan, diisi Endar Priartono. Endar sempat menjabat Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. Pangkatnya Komisaris Besar. Karyoto dan Endar dilantik 14 April. Di pos lain, ada Komisaris Besar Panca Putra, menduduki posisi Direktur Penyidikan KPK.

Di sisi lain, Asisten SDM Polri Irjen Eko Indra Heri memastikan Karyoto masih berstatus anggota Polri aktif kendati telah menjadi Deputi Penindakan KPK. Penugasan Karyoto tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1178/IV/KEP/2020.