Pimpinan Ponpes Gontor Sebut Pemimpin Blusukan tak Punya Kemampuan & Pencitraan

KH Hasan Abdullah Sahal (IST)

Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam Gontor KH Hasal Abdullah Sahal mengkritik pejabat yang suka blusukan dan pencitraan.

Dalam video di Youtube berjudul “Nasehat KH Hasan Abdullah Sahal pada Milad ke-50 th Daar el-Qolam” pada menit 21.20 KH Hasan Sahal Abdullah mengkritik pemimpin blusukan.

“Saya datang ke sini, silaturahim, silatulamal, silatul ‘ara, silatul informasi, bukan sepatu biru tidak bisa apa-apa blue shoes can’t. Sekarang orang Indonesia pinter bahasa Inggris. Orang pakai sepatu biru tidak bisa apa-apa. Blue Shoes Can’t itu artinya sepatu biru tidak apa-apa,” kata Kiai Hasan.

Ia mengatakan, kita para kiai silaturahim, silatul ukhuwah islamiyah, bukan juga silatul fulus, sogok suap.

KH Hasan pun tidak takut ditangkap polisi akibat pidatonya itu. “Polisi justru saya tangkap,” jelasnya.

Ia menegaskan pondok pesantren bukan berpolitik, tetapi yang disampaikan merupakan pelajaran. “Ini pengajian biasa, yang haram-haram, yang halal halal.

Empat pilar kebangsaan itu terlalu ringan bagi pesantren. Di pondok ada puluhan pilar-pilar kebangsaan. Pancasila sumbernya pondok pesantren, UUD 45 sumbernya pesantren, NKRI sumbernya pesantren.

“Di pesantren ada toleransi, pengorbanan, kesatuan. Orang-orang yang tidak pancasilais menuduh umat Islam tidak pancasilais, maling teriak maling,” pungkasnya.

https://www.youtube.com/watch?v=3KrghER7M7g