Kader PDIP Selundupkan Senjata Rakitan dan Amunisi ke Papua

Sekertaris Pengurus Anak Cabang PDIP Kabupaten Nabire Jery Loupatty merupaya menyulundupkan senjata rakitan dan amunisi dari Ambon ke Nabire.

“Pada hari Minggu tanggal 12 November 2023 pukul 23.40 WIT, telah diamankan 3 pucuk Senjata Api Rakitan beserta 58 Butir Munisi Kal. 5,56 oleh aparat Keamanan Gabungan TNI/Polri yang bertugas di pelabuhan Yos sudarso ambon yang dibawa oleh salah seorang pelaku penumpang KM. Sirimau An. Bpk Jery Loupatty dengan tujuan Nabire Papua tengah,” aprat kepolisian dalam keterangan kepada wartawan.

Kata polisi, pelaku mendapatkan senjata tersebut dari Sdr. Mesak sonloi, yang berkediaman di desa Kokroman Kec. TNS Kabupaten Maluku Tengah.

Menurut pengakuan Pelaku, bahwa senjata tersebut milik kakak kandungnya An. Oneyat Loupaty (Almarhum) di Desa Haria namun setelah meninggal pada tahun 2012, senjata tersebut di bawa oleh Sdr. Mesak dari Desa Haria menuju Desa Kokroman Kec. TNS Maluku Tengah untuk di simpan di belakang lemari pakaian.

Baca juga:  Tak Ambil Cawapres Ulama, Prabowo tidak Ingin Benturkan Sesama Ulama

Pada tanggal 26 oktober pelaku a.n Bpk Jery Loupaty tiba di pelabuhan Yosudarso Ambon dengan menggunakan Kapal Dobonsolo untuk mengambil 3 pucuk senjata Rakitan beserta 58 butir amunisi tajam Kal. 5,56 di Desa Kokroman Kec. TNS Kabupaten Maluku Tengah.

“Pelaku menyampaikan bahwa senjata rakitan tersebut akan di Bawa dari ambon ke Nabire Papua Tengah untuk diberikan kepada Sdr. Manis (nama samaran) 36 tahun, kampung Nabarua atas Nabire papua tengah untuk di jual dengan harga per pucuk sebesar RP. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) sedangkan untuk amunisi akan di jual dengan harga per butir sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah),” ujarnya.

Baca juga:  Terkait Korupsi E-KTP, PDIP akan Bela Mati-matian Ganjar Pranowo

Pelaku a.n Bpk Jery Loupaty membawa senjata Rakitan tersebut dari Desa Kokroman Kec. TNS Kabupaten Maluku Tengah dengan menggunakan Mobil Avansa selanjutnya menyebrang menggunakan Kapal Feri ke pelabuhan Waipirit – Hunimua, Maluku Tengah.

“Pada hari Minggu tanggal 12 November 2023 Pukul 18.00 WIT, pelaku a.n Bpk Jery Loupaty tiba di pelabuhan Yosudarso ambon selanjutnya Ybs beristirahat di depan ruang tunggu sambil menunggu kedatangan KM. Sirimau dengan tujuan Sorong Papua,” pungkasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *