Batalkan Semua Program Strategis Nasional (PSN) untuk China

Oleh: Sutoyo Abadi (Koordinator Kajian Politik Merah Putih)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan merespons soal desakan untuk mencabut status Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City di Pulau Rempang, Kepulauan Riau.

“Kenapa mesti dicabut-cabut sih? Untung barangnya bagus, bahwa ada yang salah satu ya diperbaiki satu lah, jangan terus main cabut,” ujar Luhut usai menghadiri 2nd Edition Marine Spatial Planning & Services Expo 2023 di Jakarta, Selasa (19/9).

Permintaan pencabutan PSN bukan hanya di Rempang tetapi aspirasi dan suara sebagian besar rakyat Indonesia semua PSN sebaiknya dibatalkan.

Terkait PSN di Rampas Riau, harus dibatalkan karena tanah tersebut adalah tanah milik leluhur warga atau masyarakat Melayu sejak sebelum penjajah Belanda dan bangsa lainnya datang ke Indonesia. Dengan segala perjuangan masyarakat Melayu bisa di pertahankan dan diamankan sampai saat ini.

Warga masyarakat Melayu tidak mengijinkan karena tanah akan diserahkan untuk bisnis warga asing (China) dipastikan akan merugikan masyarakat Melayu dan membahayakan kedaulatan negara.

Dicermati dari aspek peta strategis militer untuk titik daerah yg akan dan sudah di investasikan ke pengusaha China sangat membahayakan Kedaulatan NKRI.

Perhatikan titik beberapa wilayah yang akan dan telah di investasikan ke China dan bahayanya apabila terjadi invasi China, ditandai masuknya TKA China yang sebagian di duga tentara China :

– Proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan posisi berada persis ditengah antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Militer Cina sudah bisa menguasai seluruh Kalimantan

– Tambang Nikel Morowali, berada di Sulawesi Tenggara , tepat ditengah pulau Sulawesi, militer China sudah bisa menguasai seluruh pulau Sulawesi

– Proyek Air Bangis Sumatra Barat
letaknya berada persis di tengah pulau Sumatra , apabila perusahaan China masuk, maka sudah bisa dipastikan militer China akan dapat menguasai wilayah seluruh Sumatera

– Pulau Rempang Galang Batam Kepulauan Riau , pulau terluar Indonesia . Apabila proyek PT. MEC berlanjut dan masyarakat Melayu bisa di usir dari tempat mereka, maka bahaya ancaman bagi NKRI sudah amat nyata. Karena Rempang adalah Zona Strategis dan mudah untuk masuknya militer China

Pengalaman masuknya TKA China yang tanpa kendali ditengarai angkatan bersenjata Cina adalah harus diwaspadai dengan ketat. Alasan investasi bisa berupah menjadi invasi China di Indonesia.

Alasan investasi akan membuka lapangan kerja di Indonesia. Selama ini terlalu banyak informasi bohong, rakyat sudah sulit untuk percaya info apapun yang diberikan pemerintah.

Anthony Budiawan – Managing Director PEPS (Political Economy and Policy Studies), memberikan analisa singkat bahwa : “Menteri Investasi Bahlil Lahadalia bilang Xinyi akan investasi USD11,8 miliar, dan akan menciptakan 35.000 lapangan kerja. Pernyataan Bahlil diduga tidak benar alias bohong”

Menurut Benchmark internasional, setiap investasi satu juta dolar AS akan menciptakan lapangan kerja rata-rata 19 orang, di Indonesia bisa 20 orang. Untuk sektor energi solar panel akan menciptakan sekitar 16,37 lapangan kerja untuk setiap satu juta dolar AS investasi.

Kalau setiap investasi per satu juta dolar AS, atau Rp15 miliar, akan menciptakan 20 lapangan kerja, maka investasi 11,8 miliar dolar AS seharusnya menciptakan 236.000 tenaga kerja baru. Bukan 35 000, analisa Bahlil yang bongong

Ada indikasi kuat ada hitungan yang disembunyikan, kebohongan selisih angka 2O1.000 tenaga kerja tersebut, ada indikasi niat busuk untuk TKA dari Cina. Hampir semua proyek PSN adalah proyek para pejabat negara dan kejadiannya akan sama pekerja di di dominasi TKA Cina yang datang tanpa kendali.

Perkembangan hampir semua Program Strategis Nasional (PSN) berdasarkan fakta fakta yang ada bukan hanya membahayakan tenaga kerja lokal atau pribumi juga membahayakan wilayah dan keamanan negara.

Atas semua fakta yang terjadi sebaiknya semua proyek PSN, proyek titipan Tiongkok (RRC) segera ditinjau ulang untuk dibatalkan apapun resikonya.