Najwa Shihab dengan Kecerdasannya Bongkar Sumber Dana Kampanye Anies Baswedan

Presenter acara televisi Najwa Shihab dengan trik kecerdasannya berhasil membongkar sumber dana kampanye Anies.

Berapa dan dari mana asal dana kampanye Anies terungkap saat Najwa Shihab menjadi moderator di acara dialog “3 Bacapres Bicara Gagasan” yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Selasa (19/9).

Dalam acara yang dipandu Najwa Sihab itu, Anies disinggung soal dana safari politik hingga harta kekayaan.

Awalnya, Anies ditanya Najwa soal biaya safari politik usai dideklarasikan Nasdem sebagai bakal capres sejak Oktober 2022.

Eks Gubernur DKI itu pun menjawab mungkin dari bakal capres saat ini, dirinya yang memiliki aset paling kecil.

“Saya menjadi calon presiden tidak pernah mendaftar, tidak pernah mengajukan diri. Saya diajukan oleh Partai Nasdem pertama kali, partai yang dulu beroposisi ketika di Jakarta,” ujar Anies.

Menurut dia, Nasdem melakukan proses politik yang kemudian mencalonkan dirinya sebagai bacapres.

“Jadi, gerakan yang kami dorong dilakukan ramai-ramai, banyak yang membantu. Mayoritas bantuannya tidak dalam bentuk rupiah, kami dipinjamin rumah, dipinjamin kendaraan,” lanjut Anies.

Pun, menurut dia, ada staf yang bekerja sama selama ini adalah mereka yang dibayar oleh perusahaan-perusahaan yang membantunya. Penjelasan Anies itu sempat dipotong Najwa Shihab. Dia bertanya lebih dalam lagi soal budget rupiah yang dihabiskan Anies.

Najwa sempat menyinggung pernyataan bakal cawapres Anies yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin soal maju jadi caleg di DKI sudah menghabiskan sekitar Rp40 miliar.

Tak lama setelah itu, Najwa pun mengeluarkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) milik Anies.

“Sebentar, utangnya berapa? Gak, dari Rp11 miliar itu mayoritas bentuknya utang, karena saya masih kredit rumah sampai sekarang,” jawab Anies.