KH Said Aqil Heran Baru Sekarang Cak Imin Diperiksa KPK

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang diperiksa KPK memunculkan pertanyaan besar padahal kasusnya sudah lama. Kasus ini dimunculkan ketika Cak Imin menjadi bakal calon wakil presiden.

“Oh ya iya dong. Kenapa sekarang? Kenapa nggak dari kemarin-kemarin? (diusutnya),” kata mantan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, Jumat (9/9/2023).

Kiai Said mengatakan ‘Anak SD juga paham’ terkait pemanggilan Cak Imin pasca mendeklarasikan sebagai pendamping Anies Baswedan. “Anak SD juga paham, anak SD paham,” kata Kiai Said Aqil.

Cak Imin menjalani pemeriksaan pada Kamis 7 September 2023. Ketua KPK Firli Bahuri menyebut pemeriksaan Cak Imin sama sekali tidak berkaitan dengan tekanan kekuasaan. Sebagaimana diketahui Cak Imin telah dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden, mendampingi Anies Baswedan.

“Yang dikerjakan KPK adalah proses hukum. Lembaga KPK ada lembaga negara yang independen dalam rumpun eksekutif yang dalam pelaksanaan tugas wewenangnya tidak terpengaruh kepada kekuasaan manapun,” kata Firli.

Katanya, KPK bekerja sesuai tugas dan wewenang dengan merujuk pada perundang-undangan yang berlaku.

“KPK tidak bekerja dengan kemungkinan, tapi kami bekerja dengan prinsip asas hukum acara pidana. Dan KPK menjunjung tinggi asas-asas pelaksanaan tugas pokok KPK,” ujarnya.

Kasus korupsi di Kemnaker berupa pengadaan perangkat lunak atau software sistem, serta komputer untuk perlindungan TKI. Akibatnya, sistem tersebut tidak dapat berfungsi, komputernya hanya bisa digunakan untuk mengetik.