Setelah Khianati AHY, Pengamat Politik dan Hukum: Elektabilitas Anies Makin Jeblok

Elektabilitas Anies Baswedan maakin turun setelah berkhianat ke Agus Harimurti Yudhoyono(AHY). Masyarakat menilai Anies sosok yang tidak bisa menjaga amanah.

“Anies yang awalnya mengajak AHY menjadi cawapres. Namun tiba-tiba dikhianati dan mengajak Cak Imin menjadi cawapres. Sikap Anies justru membuat elektabilitas mantan Rektor Paramadina itu makin jeblok,” kata pengamat politik dan hukum Damai Hari Lubis dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (3/9/2023).

Menurut Damai, Anies tidak mempunyai etika ketika menggandeng Cak Imin menjadi cawapres tanpa memberi tahu AHY. “Seorang pemimpin yang tidak punya etika akan ditinggalkan masyarakat Indonesia,” paparnya.

Dalam deklarasi Anies-Cak Imin, kata Damai juga tidak menyebut PKS. “PKS juga sudah memberikan catatan terhadap deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya. PKS melalui musyawarah Majelis Syura akan memutuskan bergabung atau tidaknya di koalisi Anies-Cak Imin,” jelas Damai.

Kata Damai, ada kemungkinan PKS, Demokrat dan PPP membangun koalisi baru dengan mengajukan AHY-Sandiaga. “Demokrat harus menjalin komunikasi dengaan PKS dan PPP untuk membangun koalisi baru,” pungkasnya.