Sejarawan: HUT Kemerdekaan di Istana Jadi Panggung Teater Boneka

Peringan HUT Kemerdekaan di Istana menjadi panggung pertunjukkan teater boneka yang tidak memberikan gagasan besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Sekarang jadi panggung pertunjukan teater boneka, hanya kostum dan baju serta kebisuan,” kata Sejarawan JJ Rizal di akun Twitter-nya @JJRizal, Kamis (18/8/2023).

Kata JJ Rizal, pidato Soekarno di HUT Kemerdekaan menyampaikan gagasan besar untuk bangsa Indonesia.

“Dulu pidato 17an presiden panggung menimbang gagasan kemerdekaan dgn kenyataan berbangsa bernegara, kata merdeka pun mengalami proses pemudaan kembali, dan yg dengar terbakar oleh apinya,” jelasnya.

Sejumlah artis memenuhi undangan resmi untuk hadir di acara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Presiden pada Rabu, 17 Agustus 2023.

Mereka hadir dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Ada juga yang hadir sebagai tamu sekaligus mengisi acara dan membawakan lagu daerah dan nasional.

Salah satu artis yang hadir dalam acara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia adalah Ayu Dewi. Melalui unggahan Instagram miliknya, Ayu Dewi membagikan potret bersama artis lainnya ketika hadir dalam upacara hari kemerdekaan.

Adapun artis yang hadir dalam acara tersebut di antaranya, Ayu DEwi, Asri Welas, Indra Bekti, Nicholas Saputra, Nirina Zubir, Ernest Cokelat. dan Arda Naff.

Sementara Putri Ariani dan Ziva Magnolya mendapat undangan resmi untuk mengisi acara HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan menyanyikan lagu daerah dan nasional.