Dukung Ganjar, Aktivis Muhammadiyah Jakarta: Dzulfikar Gadaikan Pemuda Muhammadiyah untuk Kekuasaan Pribadi

Dzulfikar Ahmad Tawalla telah menggadaikan Pemuda Muhammadiyah untuk Kekuasaan pribadi atas pernyataan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Demikian dikatakan aktivis Muhammadiyah Jakarta Farid Idris dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (6/8/2023). “Sebagai Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar harusnya lebih mengedepankan politik kebangsaan bukan mendukung salah satu capres,” ungkapnya.

Kata Farid, Pemuda Muhammadiyah sejak di bawah Sutanto sudah mendarah ke politik praktis. “Dan cara politik Cak Nanto diteruskan Dzulfikar. Ada dugaan Dzulfikar ingin mendapat kekuasaan bisa jadi komisaris BUMN,” paparnya.

Menurut Farid, kader Pemuda Muhammadiyah yang mempunyai hak suara harus memberikan pernyataan keras ke Dzulfikar. “Pemuda Muhammadiyah harus steril dari politik praktis. Silahkan saja kadernya berpolitik praktis tapi tidak usah mengatasnamakan organisasi,” jelasnya.

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla meyakini Capres Partai Perindo Ganjar Pranowo adalah sosok yang bisa melanjutkan pembangunan yang telah dimulai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini juga sesuai hasil survei beberapa lembaga.

“Kita melihat di basis pemilih Muhammadiyah menangkap bahwa yang bisa meneruskan program-program Pak Jokowi adalah Pak Ganjar,” ujar Dzulfikardalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/2023).

Sebagai salah satu organisasi pemuda Islam terbesar di Idnonesia dengan jaringan dari desa hingga nasional, Pemuda Muhammadiyah memiliki tujuan untuk memajukan umat Islam melalui pengembangan pendidikan, sosial, dan budaya. Sayap Muhammadiyah memiliki peran strategis dalam percaturan kepemudaan Indonesia.

Anggapan Dzulfikar sesuai dengan hasil survei Saiful Mujadi Research and Consulting (SMRC). Temuan survei yang digelar Juli 2023, menunjukkan sebanyak 40% publik percaya sosok Ganjar Pranowo mendapatkan dukungan dari Joko Widodo (Jokowi) dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Ganjar dinilai sebagai capres yang didukung Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Umum 2024 nanti,” ujar Pendiri dan Peneliti SMRC, Saiful Mujani, beberapa waktu lalu.