Politikus Gerindra Berikan Sinyal Setujui Prabowo-Erick

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai layak berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Prabowo lagi laris, banyak yang meminang menjadi cawapres,” kata anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Endang Setyawati Thohari, di Kota Bogor, Rabu (26/7).

Endang melihat bahwa Prabowo merupakan tokoh politik nasional yang memiliki kepribadian menarik juga orangnya selalu ikhlas.

“Seperti kita ketahui, beliau tiga kali maju di Pilpres dan memang belum terpilih, tapi beliau legowo bahkan mau berpartisipasi jadi menteri yang berarti bawahannya presiden, dan bagi kami itu suatu jiwa kesatria yang menjadikan tauladan kita bersama,” jelasnya.

Mantan pegawai Kementerian Pertanian ini pun menyampaikan bahwa dirinya terjun ke politik dan memilih Partai Gerindra karena Prabowo yang memiliki jiwa kesatria.

“Setelah saya pensiun di Kementerian Pertanian, saya pun terjun ke politik dan ini karena Pak Prabowo. Saya yang sudah tua ini ingin menyukseskan program tentang kedaulatan pangan, kedaulatan air, kedaulatan energi yang dicanangkan oleh Prabowo,” tandasnya.

Pengamat politik dari Indonesia Political Opinion (IPO) Dedy Kurnia Syah mengatakan,dugaan publik bahwa Jokowi sedang mengupayakan pasangan Prabowo-Erick Thohir untuk Pilpres 2024.

Dia juga menilai Jokowi ingin mengurangi klaim PDI-P yang akhir-akhir ini kian sering memberikan pendapat soal dukungan Jokowi kepada Ganjar Pranowo. “Jokowi miliki kebiasaan mengajak tokoh tertentu ketika menunjukkan restunya, misalkan saja pasca rapat kerja PDI-P ketika Puan ditunjuk untuk lakukan konsolidasi,” tutur Dedy.

“Di masa itu Jokowi pun mengajak Puan kunker, artinya tokoh yang akan mendapat restu Jokowi bisa dilihat dari kedekatan langsung,” tambahnya.