Erick Thohir-Tony Blair Bahas Roadmap BUMN, Beathor: BUMN akan Jadi Jaringan Kapitalis

Tony Blair dan Erick Thohir membahas roadmap pengembangan BUMN membuat perusahaan pelat merah menjadi jaringan kapitalis dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Pertemuan Erick dan Tony Blair bahas raodmap pengembangan BUMN membuat perusahaan pelat merah akan jadi jaringan kapitalis, sifat sosialnya, subsidi untuk rakyat akan hilang,” Penasihat Repdem Beathor Suryadi kepada redaksi www.suaranasional.com, Ahad (23/7/2023).

Kata Beathor, pemerintah harusnya menguatkan BUMN untuk mengimbangi kekuataan perusahaan swasta dalam menghadapi pasar bebas. “Mirip di RRT, pelaku bisnis program program pemerintah dilakukan oleh BUMN milik negara untuk mengimbangi kekuatan ekonomi pasar bebas,” ungkapnya.

Beathor mengatakan, semangat gotong royong dalam membangun BUMN harus tetap dilaksanakan agar dapat dinikmati masyarakat secara luas.

“Keuntungan dari BUMN itu menjadi subsidi untuk BUMN yang nirlaba, pelayanan publik seperti BUMN transportasi massal dan sebagainya,” paparnya.

Beathor menyayangkan saat ini BUMN itu kalah bersaing dengan swasta sehingga penanaman modal negara selalu habis akibat tidak berhemat, tak profesional dan produknya tidak bermutu. “Publik menjadi lebih senang dengan barang-barang import, lebih murah dan canggih kualitasnya,” pungkas Beathor.