Tebet Eco Park Menang Design of The Year 2023 Singapura, GBM: Ide Awal dari Jokowi

Tebet Eco Park yang memenangkan Design of The Year 2023 Singapura berawal dari Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta mempunyai ide membuat hutan kota termasuk Tebet Eco Park. Ini yang tidak pernah dihargai Anies dan para pendukungnya,” kata Koordinator Gardu Banteng Marhaen (GBM) Sulaksono Wibowo dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (13/7/2023).

Menurut Sulaksono, pendukung Anies selalu mengklaim hasil karya dan ide Jokowi saat menjadi pemimpin DKI Jakarta. “Jokowi itu orangnya tidak memperdulikan karya diambil orang lain, namun rakyat yang tahu Jokowi-lah yang mempunyai peran di Jakarta termasuk ide Tebet Eco Park,” paparnya.

Kata Sulaksono, Tebet Eco Park yang memenangkan Design of The Year 2023 Singapura akan dipakai Anies dan pendukungnya untuk mempromosikan di Pilpres 2024. “Rakyat Jakarta dan Indonesia juga tahu, selama menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies tidak bisa bekerja sangat jauh dengan Jokowi dan Ahok,” tegas Sulaksono.

Tebet Eco Park kembali menorehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan bergengsi bertaraf internasional, yakni President Design Award Singapore.

Taman yang dibangun pada era kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan itu bahkan memenangkan Design of The Year 2023.

“Baru saja diumumkan: Selamat kepada 𝗧𝗲𝗯𝗲𝘁 𝗘𝗰𝗼 𝗣𝗮𝗿𝗸, Design of The Year di President*s Design Award 2023!,” tulis Instagram DesignSingapore Council pada Rabu(12/7/2023)

Menurut Anton Siura pendiri Siura Studio yang merancang Tebet Eco Park menjelaskan bahwa Tebet Eco Park didesain dengan mengusung tiga konsep utama dalam pengembangannya, yaitu fungsi ekologi, ruang sosial, edukasi serta rekreasi.

“Ketika Taman ini dibuka pada April 2022 kami menerima banyak sekali respon positif dari banyak komunitas dan pemerhati desain, dan ini membuka mata pemerintah apa yang dibutuhkan masyarakat terkait bagaimana taman yang baik untuk semua khususnya di Jakarta,” jelasnya

“Apalagi setelah setahun kami kunjungi kembali dan kami melihat taman ini berkembang dengan amat luar biasa baik itu dari sisi ekologinya maupun kemampuannya untuk menjadi ruang ketiga yang setara bagi semua,” tandasnya.

Prestasi ini menjadi yang tervbaru setelah sebelumnya Tebet Eco Park memenangkan Semec Gold Award dan Singapore Landscape Architecture Awards (SILA) pada 12 Desember 2022 lalu,

Sebagai informasi, Tebet Eco Park adalah salah satu dari lebih dari 400 taman yang dibangun dan direvitalisasi di era Anies Baswedan.

Pada saat awal diresmikan pengunjung Tebet Eco Park pada puncaknya sempat melebihi 150 rb pengunjung dalam seminggu. Angka ini lebih tinggi dari pengunjung Taman Impian Jaya Ancol.