JIS Dipermasalahkan, Upaya Membunuh Karakter Anies

Jakarta International Stadium (JIS) yang dipermasalahkan merupakan upaya membunuh bakal calon yang diusung NasDem, PKS dan Demokrat presiden Anies Baswedan.

“Publik sudah paham kemana arah tujuan isu JIS ini digulirkan. Itu hanya sekadar pembunuhan karakter terhadap Anies Baswedan,” kata Pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul, Kamis (13/7/2023).

Najmuddin menilai walaupun JIS adalah karya Anies Baswedan saat menjadi Gubernur DKI. Saat ini stadion yang berlokasi di Jakarta Utara itu sudah jadi milik publik yang dikelola pemerintah. Dengan kata lain stadion tersebut bukan milik Anies.

Hal itu kata Najmuddin dipertegas Anies sendiri begitu baru kembali ke Tanah Air usai melaksanakan ibadah haji beberapa hari lalu dimana Anies menolak ikut campur polemik seputar JIS. “Menurut saya, bila dilihat dari sisi politik kasus rumput JIS ini sangat erat politik. Sebab JIS adalah karya Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI,” ujar Najmuddin.

Najmuddin menambahkan publik sudah mampu menilai sendiri skenario politik yang dibuat rezim untuk menjatuhkan pihak-pihak tertentu. Karena masyarakat kata dia saat ini sudah mampu untuk rasional menelaah berbagai isu yang mencuat.

Sehingga mereka tidak mudah percaya begitu saja terhadap omongan dari tokoh politik. “Kebijakan Jokowi dan menteri-menteri nya itu juga bisa berdampak negatif pada tingkat partisipasi politik pemilih milenial. Pemilih muda ini berjumlah 51,93 persen,” ujar Najmuddin.