Direktur Eksekutif Charta Politika Pertanyakan Asal Keturunan Anies, Ahmad Yani: Usulmu tak Jelas

Anies Baswedan mempunyai garis keturunan yang jelas di mana kakeknya seorang pahlawan nasional dan keduanya orang tuanya dosen.

“Usulmu yang tidak jelas,” kata Ketua Umum Partai Masyumi Ahmad Yani di akun Twitter-nya @say_ulva, Senin (2/1/2023).

Ahmad Yani mengatakan seperti itu menanggapi berita dari keuangannews berjudul “Direktur Eksekutif Charta Politika Mempertanyakan Asal Keturunan Anies Baswedan.”

Ahmad Yani mengatakan, Anies Baswedan mempunyai garis keturunan yang jelas. “Asal usul Anies jelas, kakeknya Pejuang kemerdekaan dan negara memberikan gelar pahlawan, faham!”

Anies lahir dan dibesarkan di keluarga terpelajar. Ia memiliki garis darah dari tokoh Islam dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kedua orang tua Anies Baswedan adalah tenaga pengajar alias dosen. Ayahnya adalah Drs. Rasyid Baswedan, S.U. yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia. Sedangkan ibunda dari Anies Baswedan adalah Prof. Dr. Aliyah Rasyid, M.Pd, yang merupakan Guru besar dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Negeri Yogyakarta).

Anies mempunyai dua saudara kandung yang menjadi adik-adiknya, yakni Ridwan Baswedan dan Abdillah Baswedan. Karena orangtuanya adalah pendidik di Yogyakarta, mereka dibesarkan pula di salah satu Kota yang menjadi pusat kebudayaan Jawa tersebut.

Anies masih sepupu dengan mantan Penyidik KPK, Novel Baswedan. Keduanya mempunyai kakek yang sama yakni Abdul Rahman atau Abdurrahman (AR) Baswedan.

Kakek dari Anies, A.R Baswedan adalah seorang jurnalis, tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat dan serta sastrawan Indonesia.

A.R Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), hingga Wakil Menteri Muda Penerangan RI kedua pada Kabinet Sjahrir.

A.R Baswedan disebut sebagai salah satu diplomat pertama Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia dari Mesir. Oleh karena itu, kakek Anies Baswedan kini dikenal sebagai salah satu tokoh pejuang kemerdekaan dan pahlawan nasional.