Pakai Uang Baznas untuk Renovasi Rumah Kader PDIP, Muslim Arbi: Ganjar Salahgunakan Dana Umat

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyalahgunakan dana umat dengan memakai uang Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk merenovasi rumah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Harusnya dana Baznas bukan untuk merenovasi rumah kader PDIP tetapi seluruh rakyat Indonesia. Ganjar telah menyalahgunakan dana umat dengan memanfaatkan uang Baznas hanya untuk kader PDIP,” kata pengamat politik Muslim Arbi kepada redaksi www.suaranasional.com, Jumat (30/12/2022).

Menurut Muslim, masyarakat bisa menilai Ganjar memanfaatkan dana umat untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. “Ganjar menghapus postingan di Twitter terkait bantuan menggunakan dana Baznas untuk kader PDIP menunjukkan ia bersalah,” papar Muslim.

Baznas harus meminta pertanggungjawaban Ganjar terkait penyalahgunaan uang umat. “Baznas bisa meminta pengembalian uang yang telah disalurkan Ganjar untuk kader PDIP,” jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menghapus cicitan terkait bantuan renovasi rumah khusus untuk kader PDIP di Provinsi Jateng. Status yang dibuat Ganjar menjadi kontroversial lantaran dalam seremonial penyerahan bantuan, terdapat logo Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Menjelang ultah @PDI_Perjuangan ke-50, saya berencana memugar 50 rumah kader yang kondisinya belum layak. Rumah Pak Sumarwan ini jai yang pertama. Beliau Ketua Ranting PDIP Desa, Kapencer, Kecamatan Kertek, (Kabupaten) Wonosobo,” katanya melalui akun Twitter, @ganjarpranowo dikutip Republika.co.id di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Ganjar pun menyerahkan tanda seremonial bantuan senilai Rp 20 juta untuk renovasi rumah kader PDIP. Ganjar yang memakai blangkon mendapat kritikan keras karena papan bantuan dengan sangat jelas tertanda logo Baznas.

Selain menyerahkan bantuan untuk Sumarwan, Ganjar juga berjanji merehabilitasi rumah tidak layak empat kader PDIP lainnya. Ganjar menyampaikan, pemugaran rumah kader PDIP nantinya juga menyasar di luar Kabupaten Wonosobo.

“Mohon doa agar ikhtiar ini terlaksana dengan lancar dan membawa manfaat dan kebahagiaan untuk setiap kader PDI Perjuangan. Merdeka!” ucap Ganjar yang diusung PDIP di Pemilihan Gubernur Jateng selama dua periode tersebut.