Menag Gus Yaqut Ingatkan tak Taat ke Kiai akan Kualat, Termasuk ke Pemerintah Jokowi?

Seseorang akan kualat jika melawan perintah kiai dan membiarkan adanya kelompok yang merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kualat itu seperti melawan perintah kiai, membiarkan mereka yang merongrong NKRI, itu namanya kualat,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas (Gus Yaqut) di apel siaga Ansor dan BanserĀ di Alun-alun Kidul Yogyakarta, Ahad sore (23/10/2022).

Gus Yaqut menyebut jika ada pejabat yang korupsi itu juga kualat. Begitu pula dengan anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD yang tidak pernah ngantor. Jadi anggota DPR tak memperjuangkan kepentingan rakyat, kata Yaqut, juga kualat

“Jadi Banser tidak melakukan apa-apa juga kualat,” ujar Gus Yaqut.

Gus Yaqut pun menyinggung soal dirinya yang kini ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjabat sebagai Menteri Agama.

“Saat ini jika pimpinan dari Ansor dan Banser mendapatkan amanat dari Presiden untuk menjadi salah satu pembantunya, ya wajar-wajar saja,” kata dia.

Gus Yaqut mengatakan, yang paling penting saat ini bukanlah pangkat dan jabatan.

“Yang paling penting bagi kita sebagai kader Ansor dan Banser adalah bagaimana kita mampu melakukan sesuatu yang bermanfaat, itu yang paling penting,” ujar dia.