SBK: Publik Ingin Jokowi Tunjukkan Ijazah Asli bukan Memperlihatkan Teman-temanya Kuliah di UGM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memposting di akun Twitter-nya pertemuan bersama teman-temannya sewaktu kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Di tengah isu ijazah palsu Jokowi memposting pertemuan dengan teman-temannya sewaktu kuliah di UGM. Yang dibutuhkan publik Jokowi menunjukkan ijazah asli UGM ke publik,” pengamat seniman politik Mustari atau biasa dipanggil Si Bangsat Kalem (SBK) kepada redaksi www.suaranasional.com, Senen (17/10/2022).

Menurut SBK, pihak UGM yang mengubah nama Dekan Fakultas Kehutanan sesuai yang di ijazah Jokowi patut dicurigai dan dipertanyakan. “Padahal selama ini Dekan Kehutanan era Jokowi kuliah Prof. Achmad Sumitro namun ijazah ditanda tangani Prof Soenardi Prawirohatmodjo,” tegasnya.

SBK mengatakan, isu ijazah Jokowi membuat publik tidak percaya kepada mantan wali kota Solo itu. “Apalagi Jokowi mempunyai track record membohongi publik seperti kasus mobil Esemka hingga ekonomi meroket,” tegas SBK.

UGM memastikan ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi) asli. Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Sigit Sunarta, mengatakan pihaknya telah membandingkan ijazah Jokowi dengan teman-teman seangkatannya.

“Kami sudah mencoba melihat mengenai format ijazah yang diterima Jokowi dengan teman satu angkatan yang lulus bersamaan,” terang Sigit, dalam jumpa pers di UGM, Sleman, Selasa (11/10/2022).

Sigit mengatakan temuannya yakni format ijazah saat itu memang ditulis dengan tulisan tangan.

“Di situ persis formatnya sama ditulis dengan tulisan tangan halus. Kalau untuk fakultas lain saya tidak tahu pasti tapi di Fakultas Kehutanan seragam,” lanjutnya.