Tak Sebut Gas Air Mata Polisi Penyebab Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Salahkan Tangga Curam Stadion

Tangga curam stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur dan pintu terkunci menjadi penyebab ratusan suporter Arema FC meninggal dunia.

“Problemnya saya lihat tangga yang terlalu curam dan pintu yang terkunci, ditambah kepanikan yang ada,” ujar Presiden Jokowi di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kab. Malang, Rabu (5/10/2022).

Menyusul temuan sementara hasil investigasi Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi telah memerintahan Kementerian PUPR melakukan audit total terhadap semua stadion. Terutama stadion yang digunakan sebagai tempat digelarnya laga Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

“Audit posisi duduknya, pagar tribunnya, pintunya dan sebagainya. Di GBK yang kapasitas 80 ribu penonton, semua bisa keluar dalam 15 menit,” ujarnya.

Audit terhadap stadion bukan satu-satunya upaya mencegah terulangnya Tragedi Kanjuruhan. Upaya pencegahan juga mencakup evaluasi terhadap menajemen pertandingan, menajemen penonton, menajemen waktu pelaksanaan pertandingan hingga menejemen stadion yang bersangkutan.

“Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan siap membantu memperbaiki menajemen persepakbolaan kita. Kita perlu evaluasi semuanya,” sambung Jokowi.