Dukungan Akbar Tanjung ke Anies Goyahkan Soliditas Internal Golkar dan KIB

Dukungan Akbar Tanjung secara terbuka ke Anies Baswedan menjadi capres dapat menggoyahkan soliditas di internal Golkar.

Demikian dikatakan Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (6/10/2022).

Ada dua penyebab internal Golkar dan KIB goyah setelah Akbar Tanjung berikan dukungan ke Anies. “Pertama, Akbar Tanjung masih menjadi tokoh sentral di Golkar. Pengaruhnya masih sangat kuat di akar rumput Golkar,” ungkapnya.

Dukungan Akbar kepada Anies setidaknya akan memecah suara dukungan di internal Golkar. Sebagian pendukung Akbar di Gokar bisa jadi akan mengalihkan suaranya kepada Anies.

Dua, sebagian internal Golkar bisa saja tidak lagi mendukung Ketua Umumnya Airlangga Hartarto menjadi capres. Klik Akbar bisa saja akan mengembosi Airlangga agar dianulir menjadi capres dari Golkar.

“Peluang itu sangat terbuka karena elektabilitas Airlangga tak kunjung meningkat. Dengan elektabilitas saat ini kiranya wajar bila sebagian kader Golkar pesimis bila Ganjar dipaksakan mrnjadi capres,” tegasnya.

Momentum itu bisa saja dimanfaatkan pendukung Akbar untuk menganulir Airlangga menjadi capres dari partainya. Mereka bisa saja akan mendorong Rapimnas kembali untuk memutuskan capres lain selain Airlangga.

“Hal itu juga dapat berdampak ke KIB. PAN dan PPP bisa saja akan meragukan Airlangga bila nantinya di goyang di internalnya,” tegasnya.

Menurut Jamiluddin, akar rumput PAN dan PPP banyak yang menginginkan Anies menjadi capres. “Karena itu, bisa saja di internal PAN dan PPP juga akan mengalami masalah yang sama dengan Golkar. Setidaknya situasi api dalam sekam akan menyelimuti PAN dan PPP,” ungkapnya.