Muslim Arbi: Kelompok HMI di NasDem di Belakang Pencapresan Anies Baswedan

Anies Baswedan menjadi capres 2024 dari Partai NasDem tak lepas peran kelompok HMI di parpol yang didirikan Surya Paloh.

Demikian dikatakan pengamat politik Muslim Arbi dalam pernyataan kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (4/10/2022). “Teuku Taufiqulhadi orang kepercayaan Surya Paloh orang HMI berhasil menjadikan Anies sebagai capres NasDem,” ungkapnya.

Kata Muslim, Saan Mustopa yang menjabat Ketua DPW Partai NasDem Jabar merupakan kader HMI. “Jaringan HMI mempunyai ikatan emosional dengan Anies yang juga kader HMI,” papar Muslim.

Jaringan HMI di NasDem, kata Muslim mendapat dukungan Jusuf Kalla untuk mengusung Anies menjadi capres 2024. “Jusuf Kalla mempunyai hubungan baik dengan Surya Paloh. Keduanya pun sepakat mengusung Anies menjadi capres 2024,” jelas Muslim.

Muslim mengatakan, diaspora HMI di berbagai parpol akan mendukung Anies di Pilpres 2024. “Kader HMI di Golkar, Demokrat, Perindo, PDIP maupun lainnya akan mendukung Anies di Pilpres 2024,” ungkapnya.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengumumkan secara langsung nama capres itu di Ballroom NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Melalui perjalanan dan pemikiran yang cukup lama, kata dia, Partai NasDem akhirnya memutuskan mengusung Anies sebagai capres.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan, pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan,” ujarnya.

Menurut dia, Anies merupakan salah satu calon yang terbaik.

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best,” kata Surya Paloh.

Dia meminta para kader untuk mengawal pencapresan Anies guna mewujudkan pemerintahan yang baik.