TNI Manunggal Membangun Desa di Tunggunjagir Lamongan Resmi Ditutup

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 TA 2022 di Desa TUNGGUNJAGIR, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan resmi ditutup dengan digelarnya upacara yang dipimpin Kepala Staf Koarmada ll Laksamana Pertama TNI ABDUL ANDI AZIS, SH. M.M.

Upacara digelar di lapangan LEBAK WONO Desa TUNGGUNJAGIR dengan dihadiri, Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf Unang Sudargo. Dandim 0812 Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf. Kasdim 0812 Lamongan, Mayor Chb Heroe Goetojoe. Perwira staf dan Danramil jajaran Kodim 0812 Lamongan, Bupati Lamongan, Wakil Bupati Lamongan, Forkopimda Lamongan , Camat Mantup beserta instansi terkait lainnya. Dalam kegiatan penutupan dengan penandatanganan Naskah hasil program TMMD ke 114 TA 2022, Rabu, (24/08/2022).

Kepala staf Koarmada ll menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan TMMD ke 114 TA 2022 di Desa TUNGGUNJAGIR yang dapat diselesaikan tepat waktu dan berhasil memenuhi target fisik yang telah direncanakan.

”Meskipun dihadapkan dengan keterbatasan waktu, kerja sama dan sinergitas semua pihak yang mewujudkan keberhasilan pengerjaan kegiatan fisik TMMD ini, ” kata Laksma TNI ABDUL ANDI AZIS SH. M.M.

”Dengan adanya akses jalan poros sebagai penghubung antar dusun,diharapkan berdampak pada peningkatan aktivitas disektor ekonomi, sosial maupun sektor lainnya, “lanjut Laksma TNI ABDUL ANDI AZIS SH. M.M.

Kegiatan acara penutupan TMMD ke 114 di Desa TUNGGUNJAGIR, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi. Dapat terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Hasil dari TMMD agar bisa dijaga, dirawat,dimanfaatkan,dinikmati masyarakat. Dengan harapan setelah terlaksananya dan selesainya program TMMD ini bukan berarti selesai juga untuk membangun desa.

Selama satu bulan terhitung mulai tanggal 26/07/2022 sampai tanggal 24/08/2022 , para prajurit TNI, Pemkab Lamongan dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke 114 TA 2022.

“Atas nama Pimpinan TNI mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada prajurit yang bersikap kurang sopan dan mungkin ada hal-hal yang dilakukan prajurit kurang berkenan, terima kasih juga atas sambutannya,” pungkas KasKoarmada ll, Laksma TNI ABDUL ANDI AZIS, SH. M.M.

Dandim 0812/ Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf , “Menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke 114 TA 2022 dapat diselenggarakan dengan aman dan lancar. Hasil TMMD semakin dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana , prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan. Sasaran fisik ,rabat beton yang menghubungkan dusun gledeh ke dusun tunggun dengan ukuran lebar 3 meter, tinggi 0,20 m, gorong-gorong,saluran irigasi, renovasi rumah tidak layak huni, serta penataan sendang lumbang. Untuk yang non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang bela Negara, penyuluhan Hukum, pertanian,penyakit mulut dan kuku (PMK), percepatan penurunan stunting, posyandu dan pospindu. Kegiatan ini untuk membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat Nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan, ” pungkasnya.

Setelah upacara penutupan acara dilanjutkan dengan acara peninjauan hasil pengerjaan TMMD sekaligus pemotongan pita peresmian mulai dibukanya penggunaan jalan. Dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh kepala staf koarmada ll Laksamana pertama TNI Abdul Andi Azis, SH, MM di lokasi sendang.

Selanjutnya rombongan kemudian meilanjutkan acara ramah tamah penutupan dan pelepasan peserta TMMD untuk kembali melaksanakan tugas di kesatuan masing-masing di balai desa Tunggunjagir. (Yunus)