Jokowi Bertemu Elon Musk, SIAGA 98: Mereduksi Tujuan Kunjungan Kenegaraan Menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat

Rencana pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan CEO Tesla Inc, Elon Musk akan mereduksi kunjungan kenegaraan menghadiri KTT ASEAN-Amerika Serikat.

“Substansi Pertemuan KTT ASEAN-Amerika Serikat akhirnya menjadi tereduksi oleh pertemuan khusus yang sedang diupayakan pihak-pihak tertentu antara Presiden Jokowi dan Elon Musk,” kata Koordiator SIAGA 98 kepada redaksi www.suaranasional.com, Jumat (13/5/2022).

Hasanuddin berharap Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah dapat segera menyampaikan informasi dan saran kepada Presiden untuk menunda (membatalkan) pertemuan khusus dengan Elon Musk.

“Pertemuan Jokowi-Elon Musk dapat menciderai substansi sebagaimana dimaksud oleh Jubir Kemenlu, Teuku Faizasyah. Termasuk dari upaya diplomatik hubungan perdamaian, perekonomian dan kawasan ASEAN-Amerika Serikat yang mendesak, khususnya terkait agenda KTT-G20 di Bali 15-16 November 2022, di mana Joe Biden, Presiden Amerika Serikat menentang kehadiran Presiden Putin,” paparnya.

Kata Hasanuddin, tujuan kenegaraan Presiden Jokowi ke Washngton sebagai bentuk tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, stabil dan sejahtera.

“Hal ini hanya akan terwujud, jika Kemenlu RI dapat mengupayakan pertemuan khusus Antara Presiden RI, Jokowi-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan bukan dengan Elon Musk, seorang pemimpin perusahaan,” ungkap Hasanuddin.