Makna Kebersamaan Jokowi-Anies di Arena Formula E

Peninjauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke lokasi Formula E mengindikasikan dukungannya terhadap event tersebut.

“Dukungan Jokowi tersebut setidaknya menampar PDIP dan PSI yang selama ini nyinyir terhadap rencana Formula E. Dua partai ini akan kehabisan peluru untuk menyerang Anies terkait event tersebut,” kata Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada redaksi www.suaranasional.com, Selasa (26/4/2022).

Dua partai itu juga akan kehilangan muka terkait Firmula E. Mau menyerang sudah tak seharusnya karena mendapat dukungan Jokowi, tapi kalau mau memujinya akan dinilai menelan air ludahnya sendirinya.

“PDIP dan PSI dalan situasi dilematis. Dua partai ini seperti simalakama dalam.berhadapan dengan Anies,” papar Jamiluddin.

Menurut Jamiluddin, kebersamaan Anies dan Jokowi di arena Formula E semakin mempertegas kapasitas Gubernur DKI Jakarta tersebut. Anies bukan Gubernur yang hanya pandai merangkai kata seperti dituduhkan kepadanya, tapi sungguh-sungguh gubernur yang berkinerja tinggi.

“Hal itu akan membuat Anies semakin menguntungkan Anies dalam pencapresan 2024. Anies akan se.akin diperhitungkan sebagai capres yang memang paling kompetitif. Hal ini tentu akan makin menggelisahkan PSI dan PDIP. Efek bumerang inilah yang akan diterima dua partai itu bila memgkritik Anies hanya atas dasar kebencian. Anies akan semakin melambung, sementara PSI dan PDIP akan semakin kehilangan pamor,” pungkasnya.