Mempertanyakan Pemecatan Terawan Agus Putranto oleh IDI

Oleh: Andi Kusnanto (Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng)

Menguraikan keterangan dan penjelasan berdasarkan Fakta-fakta yg ada didalam jejak digital “Kenapa Prof. Doktor Dokter Letjen (Purn) Terawan Agus Putranto, SP (Rad) dipecat oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di dalam Muktamar ke – 31 Banda Aceh”

Prof. DR. dokter Letjen (Purn) Terawan Agus Putranto, SP (Rad) secara resmi dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara permanen dalam Muktamar IDI ke-31 di Banda Aceh pada Jumat, 25 Maret 2022. Pemecatan didasarkan surat rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI yang menyatakan Eks Mantan Menteri Kesehatan itu telah melanggar etik.

Sebelum bersama kita mencari benang merah ada apa dan mengapa ada kejadian ini, maka Pak Guru akan sampaikan beberapa fakta-fakta sebagai berikut…

Apa itu IDI dan kapan dibentuknya…..???

IDI (Ikatan Dokter Indonesia) didirikan sekitar 62 tahun yang lalu , tepatnya pada tanggal 24 Oktober 1950. IDI adalah satu-satunya organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia seperti yang termaktub dalam Undang-Undang Praktek Kedokteran No.29 tahun 2004.

Organisasi kedokteran awalnya bermula dari perhimpunan yang bernama Vereniging van lndische Artsen tahun 1911, dengan tokohnya adalah dr. J.A.Kayadu yang menjabat sebagai ketua dari perkumpulan ini.

Selain itu, tercatat nama-nama tokoh seperti dr. Wahidin, dr, Soetomo dan dr Tjipto Mangunkusumo, yang bergerak dalam lapangan sosial dan politik.

Pada tahun 1926 perkumpulan ini berubah nama menjadi Vereniging van lndonesische Geneeskundige atau disingkat VIG.

Pada masa dahulu dikenal 3 macam dokter Indonesia, ada dokter Jawa keluaran sekolah dokter Jawa, ada Indische Arts keluaran Stovia dan NIAS serta ada pula dokter lulusan Faculteit Medica Batvienis pada tahun 1927.

Dalam masa pendudukan Jepang (1943), VIG dibubarkan dan diganti menjadi Jawa Isha Hōkokai. Hampir bersamaan berkembang pula Persatuan Thabib Indonesia (Perthabin) cabang Yogya yang dianggap sebagai kelanjutan VIG masa tersebut. Tidaklah mungkin bahwa Perthabin dan PDI sekaligus merupakan wadah dokter di Indonesia, maka dicapai mufakat antara Perthabin dan Dewan Pimpinan PDI untuk mendirikan suatu perhimpunan dokter baru. Dr. Soeharto berpendapat bahwa perkumpulan dokter yang ada sejak 1911 telah rusak pada zaman kependudukan Jepang.[1]

Selanjutnya digelar muktamar pertama Ikatan Dokter Indonesia (MIDI) di Deca Park yang kemudian menjadi gedung pertemuan Kotapraja Jakarta. (sekarang telah digusur) Sebanyak 181 dokter WNI (62 diantaranya datang dari luar Jakarta) menghadiri Muktamar tersebut. Dalam muktamar IDI itu, Dr. Sarwono Prawirohardjo (sekarang Prof.) terpilih menjadi Ketua Umum IDI pertama.
Keterangan di atas ada dalam link berita…

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Dokter_Indonesia

https://m.mediaindonesia.com/opini/442408/71-tahun-idi-peran-lama-versi-baru

https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/24/481/2298809/sejarah-singkat-hari-dokter-nasional-dan-terbentuknya-idi

Jadi IDI resmi ada sejak Tahun 1950, jelas iya 3 link tsb yg Pak Guru sampaikan sudah mewakili, kalau belum cukup masih banyak link lagi yg bisa kalian unduh sendiri…, dilanjutkan…?, siap lanjutkan Pak Guru…., ok siap…. Simak kembali iya…..

Apa Itu Angkatan Darat dan Apa Itu RSPAD Gatot Soebroto…???

TNI Angkatan Darat dibentuk pada tanggal 5 Oktober 1945 bersamaan dengan dibentuknya TNI yang pada awal berdirinya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TNI Angkatan Darat dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang menjadi pemimpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad).

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Darat#:~:text=TNI%20Angkatan%20Darat%20dibentuk%20pada,Besar%20Angkatan%20Darat%20(Mabesad)

https://tniad.mil.id/sejarah/

https://www.disjarah-tniad.mil.id/,

https://disjarah-tniad.mil.id/berita/kategori/pen-sat

https://indonesiabaik.id/infografis/sejarah-berdirinya-tni

Dari fakta-fakta di atas (5 link resmi) maka usia terbentuknya Angkatan Darat didalam Sejarah Tentara Nasional Indonesia (TNI), lebih tua dibandingkan dengan sejarah resmi berdirinya IDI, betul atau betul???,coba gunkan otakmu lee.. (lee adalah panggilan istimewa Pak Guru, kepada siswanya, yg menandakan seriusnya sebuah masalah), gunakan hatimu yg berikan Tuhan YME kepadamu, sayang sekali jika kamu biarkan otakmu tdk berpikir secara jernih…, siap dilanjutkan….?, siap Pak Guru…. Monggo….

Sekarang Adu Jago (Lihat Konsep Kongso Adu Jago) dua institusi sudah kita lakukan, sekarang kita lihat / kita “oncek”i bersama siapa yg memecat dan siapa yang dipecat, siap…???

Yang dipecat…. Yaitu… Sbb…

https://www.viva.co.id/siapa/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Terawan_Agus_Putranto#:~:text=Letnan%20Jenderal%20TNI%20(Purn.),2019%20dan%2023%20Desember%202020

https://nasional.tempo.co/read/1576237/5-fakta-di-balik-alasan-pemecatan-terawan-dari-keanggotaan-idi

https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-204094160/profile-dan-biodata-dokter-terawan-agus-putranto-mantan-menkes-yang-dipecat-idi

https://portaljember.pikiran-rakyat.com/wiki-portal/pr-164077669/profil-dan-biodata-dr-terawan-mantan-menkes-yang-diberhentikan-dari-idi-lengkap-dengan-teori-kontroversinya

Itulah profile dari Prof. DR. dokter Terawan Agus Putranto, SP (Rad) yg kena pemecatan IDI,

Dokter Terawan Agus Putranto dinas di RSPAD
RSPAD Gatot Soebroto merupakan rumah sakit rujukan tertinggi bagi rumah sakit TNI di seluruh penjuru Nusantara. Rumah sakit ini dibangun oleh pemerintah Belanda pada Oktober 1936 dengan nama “Groot Militair Hospitaal Weltevrederl”.

Melansir laman resminya, rumah sakit ini pada masanya dibangun untuk merawat serdadu Belanda yang sakit, khususnya yang terluka dalam pertempuran melawan pejuang kemerdekaan.

Rumah sakit ini banyak jasanya dalam dunia kesehatan dan kedokteran. Di Laboratorium rumah sakit ini, vitamin B ditemukan oleh Christiaan Eijkman. Dari rumah sakit ini pula Sekolah Dokter Jawa berdiri pada 1851 dan berubah menjadi STOVIA atau Sekolah Pendidikan Dokter Pribumi.

Pada zaman penjajahan Jepang, rumah sakit ini sempat diubah nama menjadi “Rikugun Biyoiri” dengan tugas memberikan pelayanan kesehatan kepada Tentara Dai Nipon.

Setelah Jepang menyerah kepada Tentara Sekutu, rumah sakit ini kembali di bawah KNIL dengan nama “Legger Hospital Batavia”. Setelah Indonesia merdeka, rumah sakit ini diserahkan kepada TNI AD dan bergani nama menjadi Rumah Sakit Tentara Pusat (RSTP).

Pada 1970, nama Gatot Soebroto disematkan untuk memberikan penghormatan kepada tokoh TNI AD yang berjasa, yaitu Jenderal TNI Gatot Soebroto. Melalui Surat Keputusan Nomor SKEP-582/X/1970 tanggal 22 Oktober 1970, Kepala Staf TNI Angkatan Darat menetapkan nama rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Gatot Soebroto, disingkat Rumkit Soebroto.

https://nasional.tempo.co/read/1480037/sejarah-rspad-gatot-soebroto-rumah-sakitnya-para-pejabat

Ok siap kita lanjutkan bersama, siapa yang memencatnya yaitu….

Muhammad Adib Khumaidi (lahir 28 Juni 1974)
adalah seorang dokter dan pengajar asal Indonesia. Lahir di Lamongan, ia menjadi Ketua Umum (Ketum) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) periode 2022-2025 yang merangkap jabatan sebagai Pelaksana Ketua Lembaga Kesehatan Majelis Ulama Indonesia (LK MUI).

Adib Khumaidi masuk Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) pada tahun 1992 melalui jalur UMPTN. Adib lulus dari FK Unair pada 1999 dan menjadi dokter. Setelah lulus pada 1999, Adib langsung ke Jakarta karena aktivitas di kemahasiswaan. Dia bekerja di klinik 24 jam di Jakarta sekaligus sebagai aktivis HMI yakni Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI).

Pada tahun 2000, dia diterima sebagai PTT Brigade Siaga Bencana (BSB) di Departemen Kesehatan dan berkantor di RSCM. Perjalanan awal masuk BSB itu menjadi fondasi utama dalam membentuk jejaring sekaligus masa depan selanjutnya. Di sana, dia sering berinteraksi dengan pegawai dan pejabat Depkes di UGD RSCM.

Adib juga menghabiskan banyak waktunya untuk beraktivitas di bidang kegawatdaruratan dan bencana. Dia juga berpraktik di RSUD Cengkareng dan RS Sari Asih Karawaci sebagai dokter SpOT. Dia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) (Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia) PB IDI untuk masa bakti tahun 2015-2018.

Selain dikenal sebagai dokter, ia juga mengajar sebagai dosen. Dia pernah menjadi dosen di FKK Universitas Muhammadiyah Jakarta. Bahkan ia juga pernah menjadi Anggota Senat Fakultas FKK UMJ.

https://news.detik.com/berita/d-6011511/sosok-ketum-baru-idi-yang-ramai-disorot-juga-punya-jabatan-di-mui/2

https://wartaekonomi.co.id/read404518/profil-ketua-idi-sekaligus-pengurus-mui-adib-khumaidi

https://wartaekonomi.co.id/read403436/termasuk-pengurus-mui-ternyata-begini-profil-ketua-idi-adib-khumaidi

Lokasi dinas dan pengabdiannya kira-kira lebih dalam dan lebih berpengalaman siapa, hayo???

Jikalau kamu semuanya menjadikan saya, sebagai Pak Guru orang yg menerangkan dan menjelaskan sesuai dengan wewenang Pak Guru dalam NUPTK, maka Pekerjaan Rumahmu sekarang “cek list dan Konfirmasi” dari pertanyaan-pertanyaan Pak Guru sbb….

1.Kenapa pemecatan seseorang yg sedikit banyak berjasa dibidang kesehatan dan militer diumumkan secara sepihak, apakah ini sesuai dengan amalan Pancasila atau tidak, apalagi yg memecat notabene salah satu pengurus MUI, apakah maksudnya???

2. Kenapa setelah memecat Ketua IDI sampai sowa. Ke Panglima TNI
https://wartaekonomi.co.id/read410253/nasib-terawan-di-rspad-usai-dipecat-idi-dijawab-panglima-tni-andika-ternyata-akan
Ada apakah ini, sedemikian menakutkan seorang dokter Terawan, iya??, ayo dipikir dan dijawab sesuai hati dan nuranimu leee…, pakailah otakmu iya lee…

3.lokasi Pemecatan adalah Daerah Istimewa Aceh, yg dipecat kelahirannya Daerah Istimewa Yogyakarta, apakah kamu tidak curiga adapakah lokasinya kok sama2 istimewanya 😁😁😁???,jawab dihatimu dengan otakmu yg orisinil iya lee…

4. Misalnya kita cek kekayaannya yg memecat dan yg dipecat, kira2 lebih kaya dan lebih “sultan” yg mana lee…?, jawab dalam hatimu agar suatu saat kamu bisa tentukan keputusan yg tepat dan adil, iya leee…

5. Kalau kita runut 4 generasi ke atasnya yg dipecat dan yg memecat tsb, kira2 kamu yakin yg mana lee…, tapi pikir juga adanya Daerah Istimewa Yogyakarta ada karena Sultan HB IX dan rakyatnya mendukung NKRI secara I love full,tapi yg lainnya ada loo iya indikasi 4 generasi ke atasnya, bukan generasi pejuang kemerdekaan, kira2 mereka berani test DNA dan Test garis keturunan tdk lee…, besok kalau udah lulus buktikan dan ilmiahkan pertanyaan2 Pak Guru nanti iyaa lee…, selediki juga nanti kalau kamu semuanya kuliah di UGM atau UNS atau kampus lainnya, siapa saja penumpang gelapnya??? 😁😁😁🙏🙏🙏

Tetap semangat
dan pantang menyerah dalam mewujudkan impian dan cita-cita bersama salah satunya lewat dunia pendidikan dan lewat pengabdian di Kecamatan Sumberlawang Sragen Jateng, dan Indonesia Raya tercinta, teriring salam dan doa, semoga ditambahkan sehat walafiat, selamat dan sukses selalu… Gusti Allah SWT meridho niat kita bersama….
Bersambung…… 🙏🙏🙏

.,.,.,.,.,.,.,Disajikan dan ditulis-saat ini sedang…..diterangkan kembali oleh
Andi Kusnanto selalu Guru dengan NUPTK dengan nomor 6642754655110032 yg ditugaskan oleh Yayasan PBS Sumberlawang sebagai Kepala Sekolah SMK Pelita Bangsa Sumberlawang Sragen Jateng, Secara Pribadi-atau selaku Pak Guru-saat ini adalah Mahasiswa Strata 2 di Kampus IKOPIN University Jatinangor-Sumedang Bandung, sedang berproses….Insya Allah……secara bersambung,.,.,.,.,.,.,,.🙏🙏🙏

Manahan Solo, Jateng
Senin Legi, 25 April 2022