Banyak Warga Sipil dan Anggota TNI-Polri Meninggal, Mahfud MD: Papua Normal

Pemerintah menganggap kondisi di Papua normal walaupun banyak anggota TNI-Polri meninggal dunia akibat konflik di daerah tersebut.

“Di Maluku, Jakarta, itu ada ribuan. Berarti kan sebenarnya di sana (Papua) normal. Tinggal bagaimana mengefektifkan institusi-institusi ini agar tak didramatisir. Kan yang banyak itu dramatisasi berita,” kata Menkopolhukam Mahfud MD, Senen (7/3/2022).

Pemerintah bersama dengan institusi keamanan lainnya, seperti Polri dan TNI pun ditegaskannya masih terus menangani permasalahan diĀ Papua, sebagaimana permasalahan di tempat-tempat lain, seperti arahan Presiden Jokowi.

Mengoptimalkan institusi-institusi penegak hukum, institusi penjaga keamanan dan pertahanan tentu saja, serta menguatkan pemerintahan teritorial, operasi teritorial. Nah itu kan yang sudah digariskan oleh Presiden,” tegas dia.

Sebagai informasi, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Aqsha Erlangga mengatakan KKB atau Kelompok Separatis Teroris telah menembak karyawan Palaparing Timur Telematika yang sedang memperbaiki Tower Base Transceiver Station 3 Telkomlsel di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Puncak, Papua, pada Rabu, 2 Maret 2022 pukul 13.00 WIB. Serangan itu menyebabkan 8 orang karyawan tewas.