Pengamat Politik: Jokowi Perlu Dikukuhkan Presiden Seumur Hidup

Joko Widodo (Jokowi) perlu dikukuhkan presiden seumur hidup untuk menghemat pelaksanaan pilpres yang mengeluarkan anggaran negara triliunan rupiah.

“Kalau untuk penghematan kukuhkan saja Pak Jokowi Presiden seumur hidup,” kata pengamat politik Tatok Sugiarto di akun Twitter-nya @QianzyZ, Rabu (1/3/2022).

Tatok mengatakan seperti itu menanggapi berita dari democrazy berjudul “Dukung Usulan Tunda Pemilu 2024, KH Yahya Cholil: Ini Masuk Akal, Demi Mengurangi Beban Bangsa!”

Tatok sengaja menyindir Jokowi yang tidak memberikan penolakan atas usulan beberapa petinggi parpol yang meminta Pemilu 2024 ditunda.

Tatok juga meminta Jokowi dikukuhkan menjadi Raja Nusantara. “Jokowi dikukuhkan sebagai raja Nusantara biar Indonesia tanpa pemilu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, aspirasi perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi kembali mencuat setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberi usul agar Pemilu 2024 ditunda 1-2 tahun. Ketum PAN Zulkifli Hasan juga setuju Pemilu 2024 ditunda. Jika ditunda, berarti tidak ada transisi kepemimpinan, yang akhirnya bermuara pada perpanjangan masa jabatan Presiden Jokowi. Partai Golkar mulai memberi indikasi positif atas usulan itu.