Polisi Menangkapi Warga Wadas Secara Paksa & Dipiting, Mahfud MD Sebut tak Ada Kekerasan

Menkopolhukam Mahfud MD menyebut tidak ada kekerasan ketika aparat kepolisian mengepung warga Desa Wadas Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng).

Berdasarkan catatan Walhi aparat polisi melakukan intimidasi dan pengepungan di beberapa titik lokasi rumah warga dan masjid yang sedang digunakan untuk mujahadah warga Wadas.

Dalam video yang beredar, warga Desa Wadas mengalami pemukulan aparat kepolisian. Ada juga warga Wadas yang diseret oleh polisi bahkan dipiting.

“Tidak ada kekerasan dari aparat, tidak ada penembakan,” jelas Mahfud, Rabu (9/2/2022).

Dia mengatakan, polisi menjalankan tugasnya guna menjaga masyarakat agar tak terlibat konflik horizontal. Menurut dia, polisi juga telah berupaya menjaga masyarakat agar tidak saling terprovokasi.

“Polisi sudah bertindak atas permintaan untuk pengawalan dan menjaga masyarakat agar tidak terjebak konflik horizontal dan terprovokasi antarsesana masyarakat,” katanya.

Mahfud menyampaikan jajaran Kemenko Polhukam akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk membahas persoalan Wadas nanti sore. Informasi lebih lanjut akan disampaikan olehnya selepas rakor.