Penceramah Agama Diusir, Wartawan Senior: Anarki dan Anti Demokrasi

Penceramah Agama yang diusir dengan alasan cinta NKRI justru menunjukkan anti demokrasi. Harusnya dialog terbuka dengan penceramah agama bukan mengusirnya.

“Tidak berani adu argumentasi lalu mengusir penceramah dengan alasan cinta NKRI. Ini namanya anarki dan anti demokrasi,” kata Wartawan Senior Gigin Praginanto di akun Twitter-nya @giginpraginanto, Ahad (23/1/2022).

Kata Gigin, kelompok yang mengusir penceramah agama merupakan bagi bangsa Indonesia. “Mereka adalah ancaman sesungguhnya bagi Indonesia,” jelasnya.

Viral di media sosial, penceramah asal DKI Jakarta Ustaz Haikal Hassan alias Babe Haikal diusir oleh sejumlah orang di Kota Malang. Dalam video yang beredar berdurasi 1 menit 12 detik itu, terlihat Haikal berada di Gedung Muammalah Jalan Nusakambangan, Kota Malang. Peristiwa itu disebut-sebut terjadi pada Sabtu, 22 Januari 2022.

Haikal yang menggunakan baju berwarna putih dikawal oleh Polisi dan TNI. Sementara sejumlah warga mencoba mengusir Haikal. Bahkan saat Haikal mencoba dialog warga menolak. Puluhan warga itu dengan tegas meminta Haikal segera meninggalkan Kota Malang.