Siapa Diuntungkan Pasca Batalnya Merdi Hajiji Ikut Kontestasi Ketua Umum IKA IKOPIN?

Uncategorized

Tarmidzi Yusuf (Pegiat Dakwah dan Sosial)

Sesuai prediksi sebelumnya. Bakal terjadi head to head antara Entis Sutisna dan Tanzil Azharie. OC Munas IKA IKOPIN Sabtu kemarin (26/9) telah menetapkan dua orang alumni terbaik yang bakal meramaikan kontestasi Ketua Umum IKA IKOPIN periode 2021-2025. Sementara Merdi Hajiji yang punya kans menang, batal mencalonkan diri sebagai Calon Ketua Umum IKA IKOPIN.

Siapa yang diuntungkan dari batalnya pencalonan Merdi Hajiji? Entis Sutisna atau Tanzil Azharie. Akan lari kemana suara pendukung Merdi Hajiji?

Berdasarkan penelusuran di lapangan maupun di media sosial. Simpul-simpul suara pendukung Merdi Hajiji telah merapat ke calon nomor 2, Tanzil Azharie.

Bagaimana peta suara kedua kandidat, Entis Sutisna dan Tanzil Azharie? Sesuai hasil jajak pendapat yang dirilis pekan lalu oleh Zhafira Institute. Elektabilitas Entis Sutisna 40,1%, Tanzil Azharie menempati urutan kedua dengan elektabilitas 36,7%. Sementara, Merdi Hajiji meraih 20,5%. Sebanyak 2,7% abstain.

Dengan beralihnya simpul-simpul pendukung Merdi Hajiji ke Tanzil Azharie. Sekitar 80% pendukung Merdi Hajiji beralih dukungan kepada calon nomor urut dua, Tanzil Azharie. Otomatis elektabilitas Tanzil Azharie melonjak tajam. Perolehan suara Tanzil Azharie menjadi 53,1%. Sedangkan Entis Sutisna meraih 44,2%. Sisanya 2,7% belum menentukan pilihan.

Tampaknya Tanzil Azharie benar-benar akan membuktikan sebagai kuda hitam dari timur yang semula tidak diperhitungkan. Baik oleh lawan maupun kawan.

Bandung, 21 Shafar 1443/28 September 2021