Zona Merah, Masjid Agung Kudus tak Selenggarakan Shalat Jumat

Uncategorized

Masjid Agung Kabupaten Kudus untuk sementara tidak menyelenggarakan Shalat Juma karena masuk zona merah.

“Pengurus memutuskan Masjid Agung tidak menyelenggarakan salat Jumat sementara waktu (hari ini). Tapi untuk pekan depan, nanti kami lihat kondisinya seperti apa dan kami menyesuaikan,” kata Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Kudus Noor Badi, Jumat (18/6/2021).

Pihaknya juga menyatakan keprihatinan dengan kondisi Kudus saat ini yang mengharuskan melakukan pembatasan dan sementara meniadakan salat Jumat. Para jamaah, lanjut dia, bisa menunaikan salat Jumat di masjid-masjid yang dalam wilayah yang lebih aman (tidak zona merah).

Sementara untuk salat lima waktu berjamaah, pihaknya tetap menyelenggarakan seperti biasa. Dengan protokol kesehatan yang ketat mulai dari pemakaian masker hingga penerapan jaga jarak saat salat berjemaah.

“Untuk salat lima waktu masih, karena waktu terbatas. Jemaatnya juga tidak banyak paling hanya dua baris, itu juga dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Pengurus Masjid Agung Kudus lainnya, M Khairul Amala mengatakan, pihaknya sementara tidak menyelenggarakan Shalat Jumat sebagai ikhtiar untuk mencegah tersebarnya Covid-19. “Ini demi maslahah bersama agar tidak tersebarnya virus Covid-19,” paparnya.