Pengamat: Konspirasi Global Manfaatkan Cina Kuasai Indonesia

Konspirasi global memanfaatkan kekuatan Cina menguasai Indonesia. Strategi Cina mengusai Indonesia dengan memberikan utang dan pengiriman Tenaga Kerja Asing (TKA).

“Sekarang ini konspirasi global mendorong cina sebagai pemain utama, memanfaatkan strategi negara Tirai Bambu itu atas ambisi terhadap Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia,” kata pengamat kebijakan publik Amir Hamzah kepada www.suaranasional.com, Kamis (1/4/2021).

Menurut Amir, konspirasi global yang memanfaatkan Cina juga merusak tata pemerintahan Indonesia. “Ada upaya mengubah pemerintah Indonesia seperti di Cina dengan munculnya partai tunggal di Indonesia, termasuk adanya petugas partai,” ungkapnya.

Ketika ada partai tunggal, kata Amir, demokrasi menjadi rusak. “Tidak ada partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya,” jelas Amir.

Kata Amir, munculnya RUU HIP maupun RUU BPIP diduga bagian dari meniru sistem di Cina. “Tafsir tunggal ideologi negara hanya milik pemerintah,” ujarnya.

Ia khawatir, munculnya disintegrasi bangsa ketika ada upaya memaksakan sistem aturan Cina di Indonesia. “Ada suara di berbagai daerah yang menginginkan lepas dari Indonesia,” ungkapnya.

Keberadaan TKA Cina di berbagai wilayah Indonesia, kata Amir mendapat penolakan dari warga setempat. “Ini permasalahan bangsa yang harus diselesaikan. Kalau tidak muncul disintegrasi bangsa,” pungkas Amir.