by

Politikus PSI Diduga Masuk Lingkaran Korupsi Gubernur Sulsel

Politiikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sunny Tanuwidjaja diduga masuk lingkaran korupsi yang melibatkan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah.

PT Benteng Laut Indonesia dan PT Nugraha Indonesia Timur milik tim sukses Nurdin Abdullah mengerjakan proyek Makassar New Port. Sunny merupakan komisaris utama PT Benteng Laut Indonesia.

Koordinator Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Merah Johansyah mengatakan ada dua proyek yang juga dinilai memiliki keterlibatan dengan Nurdin, yakni proyek tambang pasir laut yang sekaligus berhubungan dengan Proyek Strategis Nasional Makassar New Port (MNP).

“Kita mengapresiasi KPK atas upaya hari ini, tapi kita juga mendesak KPK untuk menjadikan ini pintu masuk melakukan pemberantasan korupsi di Sulawesi Selatan sampai ke akarnya. Termasuk mengembangkan kepada kasus yang pernah dilaporkan masyarakat sipil, seperti kasus dugaan korupsi pertambangan pasir laut dan proyek Makassar New Port,” ujarnya dalam diskusi bersama Koalisi Selamatkan Laut Indonesia, Sabtu (27/2/2021).

Jatam menjelaskan kedua proyek ini berhubungan erat dengan kerusakan lingkungan hidup di perairan Pulau Kodingareng, Makassar. Dua mega proyek ini pun berkaitan karena penambangan pasir laut merupakan hulu dari proyek infrastruktur dan properti dari Makassar New Port.

“Karena dua dugaan korupsi ini merupakan puncak gunung es yang melibatkan oligarki dan dinasti politik, kolega gubernur, karena ada sejumlah aktor dan perusahaan yang dekat dengan gubernur. Ada konflik kepentingan, rangkap jabatan, dan persaingan usaha yang tidak sehat,” tambahnya.

Loading...
Loading...

loading...

News Feed