PPJNA 98 Usulkan 3 Waka BIN & Merupakan Jabatan Politik

Saat ini perlu ada tiga Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN) dan merupakan jabatan politik yang sangat loyal kepada Presiden.

“Saya usulkan tiga Waka BIN yaitu bidang eksernal, internal dan khusus. Tiga Waka BIN itu jabatan politik yang loyal kepada Presiden,” kata Ketua Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis (PPJNA) 98 Anto Kusumayuda kepada suaranasional, Rabu (3/2/2021).

Menurut alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini, tiga Waka BIN akan memudahkan lembaga telik sandi dalam menjalankan tugasnya. “Tiga Waka BIN ini akan memudahkan dalam memberikan informasi kepada Kepala BIN dan langsung disampaikan ke Presiden,” paparnya.

Anto mengatakan, masyarakat juga mempertanyakan tugas BIN ketika ada barang seperti rudal bertuliskan Cina ditemukan nelayan Anambas. “Masyarakat juga mengkritik membangun kepada BIN ketika ada barang seperti rudal ditemukan nelayan Anambas. Tugas intelijen harusnya bisa memberikan early warning, tentu dengan kerja senyapnya,” jelas Anto.

Kata Anto, ketiga Waka BIN membuat Indonesia lebih aman dalam menghadapi ancaman baik dalam negeri dan luar negeri. “Rakyat merasa aman atas keberadaan ketiga Waka BIN,” ungkap Anto.