Aktivis Malari 74: Demo Rusuh PT VDNI di Konawe, Ketidakadilan TKA Cina dengan Buruh Lokal

Kerusuhuan demo buruh di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara merupakan akibat ketidadilan TKA Cina dengan buruh lokal.

“TKA Cina itu ibarat api dalam sekam. Dan kejadian demo buruh di PT VDNI Konawe merupakan protes lama yang disuarakan warga setempat terkait TKA Cina,” kata aktivis Malapetaka Limabelas Januari 74 (Malari 74) Salim Hutadjulu kepada suaranasional, Selasa (15/12/2020).

Menurut Salim, pemerintahan Jokowi tidak melihat faktor sosiologis ketika mendatangkan TKA Cina. “Pemerintahan Jokowi hanya memikirkan investasi dan uang tetapi tidak memikirkan dampak sosial atas kedatangan TKA Cina,” jelas Salim.

Kata Salim, kejadian di Konawe bisa terjadi di mana ada TKA Cina. “Pendekatan keamanan pemerintah dengan mendatangkan Polisi, Brimob dan TNI dan menyelesaikan akar masalahnya,” papar Salim.

Pasukan Brimob dan TNI dikerahkan untuk membantu pengamanan usai pembakaran puluhan kendaraan truk di Kawasan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Morosi , Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pembakaran tersebut terjadi dampak demonstrasi para buruh Senin (14/12/2020) malam. Dalam peristiwa itu, sejumlah kendaraan dump truk yang terparkir di sekitar pos pengamanan lokasi demonstrasi terbakar. Sejumlah alat berat dan puluhan motor yang berada di kawasan industrial pertambangan nikel VDNI juga ikut terbakar.