Jubir Era Presiden Gus Dur: Moeldoko Dongkrak KAMI

Juru Bicara Era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Adhie Massardi ikut mengomentari nada ancaman dari Kepala KSP Jenderal (Purn) Moeldoko.

“Moeldoko dongkrak KAMI,” kata Adhie Massardi di akun Twitter-nya @AdhieMassardi.

Kata Adhie Massardi, semula KAMI harus serius jelaskan maksud dan tujuan dideklarasikan kepada yangg masih ragu. “Tapi begitu muncul ancaman nyata dari Istana yang diluncurkan KSP Jenderal (Purn) Moeldoko, orang-orang langsung percaya KAMI benar,” ungkapnya.

Adhie Massardi mengatakan, KAMI yang dianggap ancaman oleh Moeldoko mirip kejadian dengan permusuhan pemerintah pusat dengan Gubernur DKI Jakarta. “Fenomena Gubernur DKI vs Pemerintah Pusat,” jelas Adhie Massardi.

Sebelumnya, Moeldoko menanggapi kehadiran KAMI di tengah Indonesia menghadapi Covid-19.

“Mereka itu bentuknya hanya sekumpulan kepentingan. Silakan saja, tidak ada yang melarang. Kalau gagasannya bagus, kita ambil. Tetapi kalau arahnya memaksakan kepentingan, akan ada perhitungannya,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/10/2020).

Kata Moeldoko, KAMI harus menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan tidak boleh mengganggu stabilitas politik.

“Sepanjang gagasan itu hanya bagian dari demokrasi, silakan. Tapi jangan coba-coba mengganggu stabilitas politik. Kalau bentuknya sudah mengganggu stabilitas politik, semua ada risikonya. Negara punya kalkulasi dalam menempatkan demokrasi dan stabilitas,” tegas Moeldoko.