KAMI Dukung PSBB Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) mendukung langkah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“PSBB menyelamatkan rakyat, tegas laksanakan. KAMI dukung,” kata Sekretaris Badan Pekerja KAMI Syahganda Nainggolan di akun Twitter-nya @syahganda.

Syanganda mengatakan seperti itu mengomentari berita dari tribunnews berjudul “Bos Djarum, Orang Terkaya Indonesia, Kirim Surat Tolak PSBB ke Jokowi”.

Kata Syahganda, Anies harus berpegang teguh kepada suara orang termiskin. “Kakekmu yang memerdekakan negeri ini. Tidak para taipan,” kata Syahganda.

Robert Budi Hartono, orang terkaya di Indonesia mengirim surat kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam surat bertanggal 11 September itu ia menyampaikan penolakan atas rencana pemberlakuan kembali aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Menurut kami, keputusan untuk memberlakukan PSBB kembali itu tidak tepat.” tulisnya dalam surat yang diposting oleh mantan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Polandia, Peter Frans Gontha di Instagram, Sabtu (12/9/2020).

“Hal ini disebabkan PSBB di Jakarta telah terbukti tidak efektif di dalam menurunkan tingkat pertumbuhan infeksi di Jakarta. (Bukti terlampir – Chart A negara yang berhasil dalam menurunkan tingkat infeksi melalui measure circuit breaker). Di Jakarta meskipun pemerintah DKI Jakarta telah melakukan PSBB tingkat pertumbuhan infeksi tetap masih naik. (Bukti terlampir – Chart B – DKI Jakarta),” jelasnya.

Lebih lanjut, pemilik Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk itu juga mengatakan alasan Anies untuk memberlakukan kembali PSBB karena khawatir soal daya tampung Rumah Sakit di Jakarta, kurang masuk akal.