Berbagai Kasus Korupsi & Kerugian Pertamina, Ahok Gede Bacot

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hanya gede bacot karena terlibat berbagai kasus korupsi seperti RS Sumber Waras, tanah Cengkareng, Bus TransJakarta sampai kerugian Pertamina.

“Ahok hanya gede Bacot saja, urusi Pertamina saja tidak bisa justru mengalami kerugian yang sangat besar,” kata aktivis politik Rahman Simatupang kepada suaranasional, Kamis (27/8/2020).

Menurut Rahman, Ahok selalu dicitrakan bersih dan tidak terlibat koruspi. “Faktanya Ahok terlibat kasus RS Sumber Waras, pembelian tanah di Cengkareng sampai bus TransJakarta yang alami kebobrokan,” ungkap Rahman.

Rahman mengatakan, publik menunggu pernyataan Ahok yang mengundurkan diri karena tidak bisa mengurus Pertamina. “Sebelum menjabat Komisaris Utama Pertamina Ahok menyatakan akan mengundurkan diri jika perusahaan plat merah itu mengalami kerugiaan,” jelas Rahman.

VP Komunikasi Perusahaan PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menjelaskan kerugian yang dihadapi perusahaan sepanjang semester pertama tahun 2020. “Pertamina menghadapi triple shock,” ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Senin, 24 Agustus 2020.

Fajriyah menjelaskan ketiga syok itu adalah penurunan harga minyak mentah dunia, penurunan konsumsi BBM di dalam negeri, serta pergerakan nilai tukar dolar AS yang berdampak pada selisih kurs yang cukup signifikan. “Pandemi Covid-19 dampaknya sangat signifikan bagi Pertamina,” tuturnya.

Dengan penurunan demand, depresiasi rupiah, dan juga crude price yang berfluktuasi sangat tajam, kata Fajriyah, membuat kinerja keuangan Pertamina sangat terdampak.