Muncul Meme Trik Lolos Mudik, Mobil Ditulis ‘TKA Cina’

Saat ini beredar meme di media sosial (medsos) trik lolos mudik dengan menulis ‘TKA Cina’ di mobil yang ditumpanginya.

Meme ini menyindir kebijakan pemerintahan Jokowi yang mengizinkan kedatangan TKA di tengah pandemi virus Covid-19.

Pemerintah Jokowi begitu ketat terhadap warga yang mau mudik dan di beberapa tempat pemudik sudah diminta muter balik.

Setelah mendapat desakan publik, Kementerian Ketenagakerjaan memutuskan menunda rencana kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) Cina ke Konawe, Sulawesi Tenggara sampai menunggu kondisi dalam keadaan normal dan dinyatakan aman.

Kepala Biro Humas Kemnaker, R. Soes Hindharno, mengatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menginstruksikan kepada Plt Dirjen Binapenta Aris Wahyudi untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait merebaknya polemik rencana kedatangan TKA Cina.

Penundaan ini telah memperhatikan usulan dan aspirasi yang berkembang terkait rencana kedatangan 500 TKA China ke Konawe, Sulawesi Tenggara, khususnya pandangan Gubernur Sulawesi Tenggara dan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara yang telah disampaikan melalui surat resmi.

“Kita putuskan untuk menunda rencana kedatangan 500 TKA sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19. Selanjutnya kita akan terus berkoordinasi dengan Gubernur dan ketua DPRD Provinsi terkait hal tersebut,” kata Karo Humas Soes dalam keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).