Terbongkar Ada Kejanggalan, Istana Tegaskan Tetap Dukung Kartu Prakerja

Kartu Prakerja sangat dibutuhkan masyarakat yang terkena PHK di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

“Prakerja ini kan dibutuhkan untuk mereka yang betul-betul terkena dampak Covid seperti terkena PHK, kehilangan pekerjaan,” kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian, Jumat (1/5/2020) dikutip dari suara.com

Donny menegaskan tidak ada yang janggal di pelatihan online termasuk yang ada di aplikasi Ruangguru. Sebab kata dia, selain Ruangguru ada platform lainya yang juga menyediakan pelatihan secara online.

Diketahui ada 8 “platform” digital yang dinyatakan pemerintah untuk memberikan pelatihan adalah Tokopedia, Ruangguru melalui platform Skill Academy, MauBelajarApa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kementerian Ketenagakerjaan dan Pijarmahir.

“Saya kira tidak ada yang janggal kecuali dia satu-satunya (Ruangguru) penyedia pelatihan berbasis online, kan hanya satu dari delapan. Artinya gini, dia menyeleggara beberapa video pelatihan, yang lain biasa aja ini kan kedaulatan dari konsumen. Kedaulatan penerima manfaat. Kalau misalnya tidak berfaedah pasti akan tidak dipilih, kontennya kalau tidak bernilai tidak diplih, kan ada 8 lainnya yang menyediakan video pelatihan berbasis onlen juga,” katanya.